• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

     


    Iklan

    Adv

    Peduli Pasca Gempa di Sulbar, PKS Jateng Kirim Relawan

    REDAKSI
    Minggu, 17 Januari 2021, 6:48:00 PM WIB Last Updated 2021-01-17T11:49:09Z
    Istimewa.


    SEMARANG,harian7.com - DPW PKS Jawa Tengah mengirim tim Rescue relawan spesialisasi evakuasi korban untuk membantu penanganan pasca gempa di Sulawesi Barat.


    Tim rescue yang berjumlah 5 orang diberangkatkan melalui apel pelepasan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPW PKS Jawa Tengah Muhammad Haris dan Kordinator Relawan Rescur PKS Jateng Endyanto yang dilaksanakan di Halamam Gedung DPW PKS Jateng, Minggu (17/1/2021).


    Ketua DPW PKS Jawa Tengah Muhammad Haris berpesan kepada para relawan agar keberangkatannya dapat membantu saudara-saudara yang sedang terkena musibah.


    "Dengan keberangkatan tim rescue relawan PKS Jateng ini, semoga sedikit banyak dapat turut andil dalam meringankan beban saudara sebangsa kita yang sedang terkena musibah" Ujarnya


    Tak lupa ia mengucapkan rasa belasungkawanya atas musibah gempa yang terjadi di Sulawesi Barat dan mengajak kepada seluruh anggota PKS Jawa Tengah tuk mendoakan korban yang terdampak gempa.


    "Saya turut berduka cita atas musibah yang terjadi terhadap saudara-saudara kita di Sulbar. Dan Saya mengajak seluruh kader PKS untuk mendoakan agar para korban dikuatkan, dan yang telah berpulang agar dalam kondisi husnul khotimah." Imbaunya.


    Ia pun berharap tak ada bencana susulan yang terjadi baik di Sulbar maupun di seluruh wilayah di Indonesia.


    "Kita juga doakan agar tidak ada lagi gempa susulan di Sulbar dan Indonesia pada umumnya. Semoga Indonesia lekas pulih dan lekas bangkit dari seluruh bencana juga pancemi apa yang terjadi akhir-akhir ini,"pungkasnya.


    Sementara itu Ketua tim Rescue relawan PKS Jateng Endyanto menyebutkan bahwa tim adiberangkatkan ke kab. Mamuju dan Kab. Majene. Dan yang dikirim  merupakan tim yang berpengalaman dalam penanganan bencana.


    "Tim yang kami berangkatkan merupakan tim spesialisasi evakuasi korban bencana yang memiliki Pengalaman rescue di Longsor Banjarnegara, gempa Lombok, gempa Palu, tsunami Pangandaran, Banjir bekasi, banjir cilacap,"jelas Endyanto.


    Pria yang akrab disapa Endy ini menjelaskan bahwa target dari tim ini adalah membantu evakuasi korban gempa secepatnya. "Secepatnya kita harus membantu proses evakuasi pasca gempa ini ya.Evakuasi dilakukan Baik terhadap korban yang masih hidup maupun yang sudah meninggal." tuturnya.


    Selain memberangkatkan tim rescue, DPW PKS Jawa Tengah juga membawa bantuan berupa Genset, Terpal, Selimut, Kebutuhan makanan, Kebutuhan dalam ibu-ibu dan sebagainya. 


    Seperti yang kita ketahui sebelumnya Gempa dengan 5,9 M yang terjadi pada hari Kamis, tgl 14 Januari 2021 pukul 14:35 WITA melanda beberapa wilayah di Sulawesi Barat. Wilayah yang terdampak parah adalah Kab. Majenen dan Kab. Mamuju.


    Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 20.00 WIB di Kab. Majene tercatat 9 orang meninggal dunia, sekitar 637 orang luka-luka, dan 15.000 orang mengungsi. Sementara itu di Kab. Mamuju tercatat 47 orang meninggal dunia, 189 orang luka berat dan harus di rawat inap.(Andi S/Dwi P)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini