• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Adv

    Kian Merajalela, Pemkab Ngawi Gelar Rakor Pengendalian Hama Tikus

    Kamis, 07 Januari 2021, 9:31:00 PM WIB Last Updated 2021-01-07T14:42:19Z
    Saat rakor pengendalian hama tikus berlangsung.


    Penulis: Budi Santoso | Kontributor Ngawi


    NGAWI,harian7.com - Merajalelanya hama tikus di Kabupaten Ngawi sudah sangat meresahkan para petani di Bumi Ketonggo ini. Tidak heran para petani menggunakan berbagai cara untuk membinasakan binatang pengerat itu. 


    Sayangnya mereka kemudian menggunakan jalan pintas dengan memasang jerat tikus yang dialiri arus listrik di area persawahan.  Akibatnya bukan hanya tikus yang binasa, melainkan juga pernah menelan korban meninggal dunia, beberapa orang petani terpaksa meregang nyawa akibat tersengat listrik dari jerat tikus yang dipasangnya sendiri.


    Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Ngawi, menggelar rapat kordinasi rencana pengendalian hama tikus di Ruang Command Center, Kamis (7/1/2020).


    Adapun dalam rakor tersebut dihadiri, Setda Kab Ngawi Mokh Sodiq Triwidiyanto,  Kapolres Ngawi  Wayan Winaya, S.I.K, Dandim diwakili Pasintel Lettu Inf.Slamet,  Kepala Dinas Pertanian  Marsudi, Asisten 1 Bid.Pemerintahan Idham K,  Kepala DPMD Kabul TW, Kabag Adm. Perekonomian Aries Dewanto, Bapelitbang Indah K Wardhani, Camat Se Kab Ngawi, Bag Hukum Kab. Ngawi, dan Kasat Binmas Polres Ngawi AKP Widodo, S.H.


    Berbagai upaya telah dilakukan Polres Ngawi dalam membantu petani di Kabupaten Ngawi dalam mengendalikan hama tikus tersebut. Seperti diterangkan bantuan tersebut berupa pelaksanaan FGD sebanyak 2 kali dengan menghadirkan narasumber dari Dinas pertanian, Direktur PLN dan Kasat Reskim Polres Ngawi, yang dihadiri Gapoktan se Kab. Ngawi, memasang banner-banner di persawahan tentang pelarangan penggunaan jerat tikus dengan aliran listrik, dan melakukan gropyokan bersama dinas pertanian, TNI dan petani.


    Dari hasil rakor yang digelar telah diputuskan beberapa poin penting berupa kegiatan pengendalian hama tikus secara terpadu yang akan dilaksanakan   hari Rabu 13 Januari 2021  jam 08.00 WIB secara serentak di 19 Kecamatan di Kabupaten Ngawi. 


    Sementara pengendalian   hama tikus akan digunakan dengan cara gropyokan, memasang perangkap tikus yang terbuat dari ram kawat, menggunakan asap belerang. Memakai mercon asap, dan memasang umpan racun tikus, sementara gropyokan sendiri harus  tetap dengan menjalankan protokol kesehatan dengan pembatasan peserta pada setiap kelompoknya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini