Iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang Vaksinasi, Pemkot Salatiga Gelar Simulasi Vaksin Covid-19

Redaksi
Kamis, 21 Januari 2021, 12:43 WIB Last Updated 2021-01-21T05:43:47Z

 

Istimewa.


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com - Jelang Vaksinasi, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Kesehatan menggelar simulasi pelaksanaan vaksin Covid-19, di Puskesmas Cebongan, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, pada Kamis (21/1/2021).


Dalam simulasi tersebut di peragakan dari pengamanan kedatangan, penyimpanan dan pelaksanaan penyuntikan vaksin. 


Simulasi yang diadakan sebagai persiapan agar dalam pelaksanaanya nanti berjalan lancar dan aman.  


Turut hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Forkopimda antara lain Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS, Wawali Muh Harris SS MSi, Kepala DKK Zuaridah SKM M Kes.


Kepala DKK Kota Salatiga Siti Zuraidah SKM MKes mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kesiapan mulai dari membuat micro planning, SDM, sarana prasarana, penjadwalan hingga target sasarannya.


"Dinkes pun telah membuat Kelompok Kerja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Pokja Kipi). Pokja tersebut terdiri dari para spesialis dan ahli hukum, untuk mengantisipasi jika terjadi dampak," ungkapnya.


Dalam simulasi tersebut dimulai dari saat kedatangan vaksin yang mendapat pengawalan ketat dari Aparat Keamanan Polres Salatiga, dilanjutkan dengan proses penyimpanan CoolCin yang ada di Puskesmas Cebongan yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi penyuntikan vaksin kepada warga yang sebelumnya dilaksanakan screening secara ketat apakah orang tersebut bisa dilaksanakan vaksinasi atau tidak.


"Vaksin yang akan disuntikkan sudah melalui uji klinis, bersertifikasi dan sudah dalam pantauan BPOM, dan saya memastikan aman untuk warga Kota Salatiga,"terang Siti Zuraidah.


"Untuk ditahap pertama, dengan sasaran tenaga kesehatan, diharapkan nantinya sekitar 70 Persen Warga Kota Salatiga mendapatkan Vaksin,"jelasnya.


Sementara, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM menyatakan bahwa nantinya kedatangan vaksin akan dikawal ketat oleh Polres Salatiga."Semoga nantinya pelaksanaan vaksin dapat berjalan lancar dan aman tidak ada kendala apapun. Satgas Covid Kota Salatiga telah melaksanakan sosialisasi dengan harapan masyarakat dapat menerima dengan baik,"ucapnya.


Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS menjelaskan,  Polres Salatiga bersinergi dengan TNI akan memberikan pengamanan penuh mulai saat pengawalan kedatangan vaksin sampai dengan nantinya pengamanan dilokasi penyimpanan. 


"Selain itu pada saat pelaksanaan  penyuntikan juga akan ditempatkan personil untuk melaksanakan pengamanan guna meminimalisir kerumunan, setiap dua jam sekali akan kita laksanakan patroli sambang di tempat penyimpanan vaksin Covid-19 khususnya di DKK Kota Salatiga,"terang Kapolres.


Dari pantauan harian7.com, usai kegiatan Simulasi,  Jajaran Forkopimda Kota Salatiga juga memberikan dukungan semangat kepada puluhan warga Kota Salatiga yang terpapar Covid-19 yang melaksanakan Isolasi di Gedung Sinode Jalan Sukarno Hatta Kota Salatiga.(*)

Iklan