• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Hujan Deras di Wilayah Kabupaten Semarang Akibatkan Tanah Longsor

    REDAKSI SEMARANG
    Jumat, 29 Januari 2021, 7:34:00 PM WIB Last Updated 2021-01-29T12:37:04Z
    Bencana tanah longsor di Kabupaten Semarang diantaranya diwilayah Kecamatan Ungaran Timur dan Wilayah Kecamatan Ungaran Barat. Foto (Ari Budi/harian7.com).


    Penulis : Ari Budi | Editor : Andi Saputra


    UNGARAN, Harian7.com - Hujan deras seharian di wilayah Kabupaten Semarang mengakibatkan terjadi bencana tanah longsor diantaranya diwilayah Kecamatan Ungaran Timur dan Wilayah Kecamatan Ungaran Barat, Jumat (29/1).


    Tanah Longsor yang terjadi di Wilayah Kecamatan Ungaran Barat, tepatnya di Kelurahan Nyatnyono, Desa Tlompakan Kecamatan Tuntang, Dusun Kaligawe Kecamatan Ungaran Timur, dan Ungaran Baru Kelurahan Leyangan Kecamatan Ungaran Timur.


    Dalam kejadian bencana ini dampak yang mengalami kerugian material yaitu di wilayah Dusun Kaligawe Kecamatan Ungaran Timur, longsor yang mengenai salah satu rumah warga di Perumahan Ungaran Baru. 


    Korban rumah terkena longsor Wawan (30) warga Ungaran Baru Rt 05 Rw 05 Kelurahan Leyangan Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mengatakan bahwa kejadian  kejadian pada hari kamis sore (28/01) pukul 18.00 Wib saat hujan turun dengan deras.


    Kepala Desa Leyangan Ungaran Timur Maskuri beserta Kapolsek Ungaran Kompol Ana Maria yang meninjau langsung lokasi terjadinya longsor mengatakan bahwa sebagai perangkat desa mendapatkan laporan warga tetap tanggap dan dalam bencana longsor yang menimpa warga ini bagaimana caranya tetap membantu masyarakat yang tertimpa musibah.


    "kami sebagai pemerintah desa khususnya Desa Leyangan Ungaran Timur bagaimana caranya tetap membantu warga yang mengalami musibah ini, kami tetap bergotong royong, apalagi dari Instansi terkait yaitu Polsek Ungaran dengan Bhabinkamtibmasnya dan Koramil Ungaran dengan Babinsanya yang sigap,"kata Maskuri.


    "Dan dalam kejadian ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun hanya material rumah yang terdampak longsor, hari ini kami beserta warga dan di bantu dari instansi terkait membantu pembersihan sisa longsor," tambahnya.


    Lain halnya di wilayah Kaligawe Ungaran Timur longsor juga terjadi, Warga saat kumpul di dekat lokasi mendengar suara gemuruh longsor, sebab lokasi di depannya persis dengan pemukiman warga.


    Ahmad Sukaini (51) warga Dusun Kaligawe Rt 05 Rw 05 Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur mengatakan " longsor terjadi kamis malam pukul 21.00 saat itu warga sedang ada pengajian disalah satu rumah dan tiba - tiba terdengar suara gemuruh ternyata longsor," katanya.


    "Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun rumah yang terdampak," imbuhnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +