Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Gubernur Jateng Prioritaskan Kiai Sebagai Penerima Vaksin

Redaksi
Senin, 04 Januari 2021, 20:06 WIB Last Updated 2021-01-04T20:06:50Z
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memberikan penghargaan kepada MUI Jateng


SEMARANG, Harian7.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik usulan Ketua MUI Jateng Ahmad Daroji agar para kiai masuk dalam urutan pertama atau sebagai sampling penerima vaksin Covid-19.


Selain kiai, Ganjar juga sedang mengumpulkan nama-nama tokoh masyarakat di Jawa Tengah untuk nanti disertakan dalam vaksin serentak tahap pertama.


Ganjar mengatakan hal itu juga sesuai dengan harapan dari Pemerintah Pusat dan Kementerian Kesehatan. Bahkan beberapa waktu lalu sudah ada komunikasi antara Menteri Kesehatan dengan para Gubernur. Salah satunya adalah terkait kesediaan tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kiai untuk bersedia menjadi penerima vaksin tahap pertama bersama Presiden Joko Widodo.


"Saya senang mendengar Kiai Daroji bahwa kiai harus nomor satu. Wah ini harapan bagus. Kalau itu terjadi dari Jawa Tengah keren. Tapi memang ada syarat seperti syarat kesehatan, syarat umur, dan sebagainya itu yang perlu kita siapkan,"ujarnya, dalam Forum Group Discussion (FGD) Fraksi-PKB DPRD Jateng yang digelar di Hall Ruang Paripurna DPRD Jateng, Senin (4/1).


Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Kiai Daroji merupakan sesuatu yang bagus dan menyenangkan. Kesediaan atau kemauan dari tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kiai bisa menjadi contoh yang bagus terkait vaksinasi Covid-19, mengingat para tokoh itu merupakan tauladan bagi banyak orang sehingga terkait vaksin bisa lebih banyak diterima oleh masyarakat.


"Sebenarnya saya dititipi juga. Jadi umpama nanti kesempatan pertama bisa serentak se-Indonesia dan dari Jawa Tengah mungkin perwakilan para kiai lebih banyak, saya bayangkan sepuluh kiai mau dan memenuhi syarat untuk divaksin menurut saya sudah hebat banget. Bisa jadi contoh,"jelasnya. 


Dia menambahkan, saat ini ada sekitar 62.000 vaksin Sinovac yang sudah tiba di Jawa Tengah. Vaksin tersebut tiba pada Senin (4/1/2021) dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB, dengan pengawalan ketat dari kepolisian. Puluhan ribu vaksin tersebut sekarang disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang.


"Prioritas utama memang tenaga kesehatan (nakes) dulu, tetapi untuk kesempatan pertama kami ingin ambil sampling. Mereka ada tokoh-tokoh dulu. Maka yang kita minta sudah sejak pekan lalu itu adalah para Romo dan Kiai. Kalau para Romo, Kiai, dan Bu Nyai mau, itu contoh bagus. Itu kita prioritaskan untuk tahap pertama,"ucapnya. 


Sementara itu, Ketua MUI Jateng Ahmad Daroji menuturkan bahwa sudah mengirim surat kepada Presiden terkait prioritas kiai dalam vaksinasi.


"Kalau kiai sudah mengatakan iya maka masyarakat meyakini itu halal. Jadi kalau bisa kiai masuk prioritas karena satu kiai sama dengan seribu santri bahkan lebih. Jadi nilainya tinggi sekali,"pungkasnya.

Iklan