• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Cek Kesiapan Operasional, Dirjen Kemenhub Kunjungi Bandara Soedirman Purbalingga

    REDAKSI SEMARANG
    Minggu, 31 Januari 2021, 6:02:00 PM WIB Last Updated 2021-01-31T11:03:43Z
    Dirjen perhubungan udara kementerian perhubungan Ir Novie Riyanto Rahardjo saat mengunjungi bandar udara jenderal besar soedirman (JBS) di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, minggu (31/1).

    Laporan : Iwan | Editor : Andi Saputra


    PURBALINGGA, Harian7.com – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubud Kemenhub) Ir Novie Riyanto Rahardjo, beserta rombongan, Minggu (31/1/2021) mengadakan kunjungan ke Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga. Kunjungan dilakukan untuk melakukan pengecekan terkait rencana operasional bandara tersebut.


    “Betul Dirjen Hubud Kemenhub hadir ke bandara BJS. Kunjungan ini terkait rencana operasional bandara, meliputi progress pembangunan hingga rencana operasional bandara yang direncanakan pada lebaran nanti,” kata Asisten II Sekda Purbalingga Agus Winarno mewakili Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang menyambut kehadiran rombongan Kemenhub.


    Rombongan diterima langsung oleh Danlanud JBS Letkol Nav Marino Adam Darmawan, ST., MM. Dalam kesempatan tersebut Dirjen Hubud Kemenhub menyampaikan rencananya bandara Soedirman akan menjadi konektivitas kita dalam rangka mempermudah akses. Semuanya akan kita lakukan percepatan agar dapat dimanfaatkan masyarakat luas.




    Tujuan kami melaksanakan kegiatan hari ini adalah untuk melaksanakan validasi dan verifikasi pembangunan bandara Soedirman.Target Kemenhub pada Lebaran tahun 2021 akan dioperasionalkan bandara Soedirman,” paparnya.


    Sementara Direktur Enginering PT. Angkasa Pura II Agus Wialdi dalam kesempatan yang sama menyampaikan pentahapan pembangunan yang sudah dilakukan. Masing-masing tahap IA pengerjaan sisi udara meliputi runway, taxy way, appron dan prasarana parkir. Pengembangan appron Tahap I : 100m x 67m, Tahap II : 140m x 82m serta Tahap III : 185m x 82m.


    “Progres fisik pekan 82 yaitu realisasi 83%. Rencana di Februari 2021 akan kami selesaikan. Pembangunan runway sudah selesai, pekerjaan akses masih ada 14%. Kami akan percepat pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai dengan target Februari 2021,” tegasnya.




    Seperti diketahui Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJB) Soedirman hingga 11 Januari 2021 sudah mencapai 83, 84 persen. Direncanakan pada lebaran tahun ini bandara tersebut sudah mulai operasional. Saat ini yang mendesak untuk dibangun adalah ruang tunggu sementara untuk mendukung operasional bandara yang ada di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Purbalingga tersebut.


    Demikian hasil rapat percepatan pembangunan BJB Soedirman di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (18/1/2021). Rapat diikuti oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) didampingi sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga.


    “Menhub minta agar pembangunan ruang tunggu darurat dipercepat. Kalau bisa Pemkab yang membantu. Bisa dengan menggunakan bangunan yang ada di Lapangan Udara (Lanud) Jenderal Besar Soedirman,” kata Bupati Tiwi didampingi Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Pemkab Purbalingga.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +