Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Tiga Hari Berturut-Turut Jateng Akan Alami Cuaca Ekstrim, Ini Penjelasan BMKG

Kamis, 03 Desember 2020, 21:25 WIB Last Updated 2020-12-03T14:31:58Z

Penulis : Fera

SEMARANG, Harian7.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Ahmad Yani Semarang memprakirakan bahwa selama tiga hari kedepan, mulai Kamis (03/12/2020) hingga Sabtu (05/12/2020) beberapa wilayah di Jawa Tengah berpotensi mengalami cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang.


Menurut Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo dalam keterangannya hal ini berdasarkan kondisi atmosfer yang terpantau saat ini.


"Berdasarkan analisis kondisi atmosfer menunjukkan adanya shear line atau belokan angin di wilayah Jawa Tengah, selain itu  beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah," papar Achadi.


Menurut Achadi beberapa wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrim adalah sebagai berikut :


Tanggal 03 Desember 2020


Brebes, Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Kab/ Kota Tegal, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Pemalang, Batang, Temanggung, Magelang, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Blora, Purwodadi, Pati, Rembang dan sekitarnya


Tanggal 04 Desember 2020


Cilacap, Brebes, Tegal, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, Pekalongan, Batang, Temanggung, Wonosobo, Kendal, Semarang, Salatiga, Blora, Grobogan, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Rembang dan sekitarnya.


Tanggal 05 Desember 2020


Brebes, Kab/Kota Tegal, Cilacap, Banyumas, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Banjarneraga, Purbalingga, Wonosobo, Magelang, Temanggung, Demak, Kudus, Pati, Jepara dan sekitarnya.


Achadi menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim dan juga dampak yang ditimbulkannya.


"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lain sebagainya. Juga lebih waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," pungkas Achadi. (Fe)


Iklan