• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Serahkan Dokumen LPPDK Tepat Waktu Dua Paslon Peserta Pilkada Selayar, Lolos Zona Diskualifikasi

    Abdurrochman
    Selasa, 08 Desember 2020, 7:37:00 AM WIB Last Updated 2020-12-08T00:37:27Z


    SELAYAR, Harian7.com
    – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kepulauan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan memasuki tahap akhir yakni dengan menyetorkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) dari masing-masing calon.


    Demikian juga dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berkompetisi dalam pilkada serentak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan. Pasangan Dr. H. Zainuddin, SH., MH-Aji Sumarno, S.STP, MM, dan pasangan H. Muh. Basli Ali - H. Saiful Arif, SH secara resmi telah melakukan penyetoran dan penyerahan dokumen LPPDK ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.


    Penyerahan LPPDK berdasarkan mekanisme dan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sebagaimana yang digariskan pada pasal 54 PKPU 5 tahun 2017 tentang dana kampanye peserta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagaimana telah diubah dengan PKPU dengan nomor 12 tahun 2020 tentang batas waktu penyerahan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye yang wajib diserahkan selambat-lambatnya tiga hari sebelum hari pemungutan suara.


    Koordinator Divisi Tekhnis KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Dewantara, SH, mengatakan, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut satu, dalam hal ini paket Dr. H. Zainuddin, SH., MH - Aji Sumarno, S.STP, MM, secara resmi telah melakukan penyerahan dokumen LPPDK pada Minggu, (06/12/2020) pukul 13. 22 WITA, disusul penyerahan dokumen LPPDK serupa oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut dua, yakni : H. Muh. Basli Ali - H. Saiful Arif, SH yang diserahkan hanya selang beberapa menit, usai penyerahan dokumen LPPDK oleh pasangan Zas.


    “Penyerahan berkas dokumen LPPDK kedua pasangan calon bupati dimaksud, diserahkan tepat waktu, sesuai dengan ketentuan pasal 34 ayat (1) dan (2) yang membatasi pasangan calon untuk melakukan penyerahan dokumen LPDK kepada KPU, pada hari, Senin, (06/12/2020), sebelum pukul 18.00 WITA,” katanya, Senin (07/12/2020) dini Hari di kantor KPU Selayar. 



    Sesuai berita acara penyerahan dokumenLPPDK yang dibuat dan diterbitkan oleh KPU Kepulauan Selayar, menurut Andi, maka kedua pasangan calon bupati bersangkutan, dinyatakan, telah terbebas dari sanksi diskualifikasi atau pembatalan sebagai pasangan calon, sebagaimana ketentuan pasal 34 ayat (1) dan ayat (2).


    “Merujuk pada ketentuan PKPU 5 tahun 2017 tentang dana kampanye peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil wali kota sebagaimana telah diubah dengan PKPU nomor 12 tahun 2020, maka keduanya, dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan mematuhi ketentuan yang dipersyaratkan PKPU,” tandasnya. 

     

    Dia menambahkan, keputusan tersebut didasarkan pada hasil verifikasi administrasi dan rapat pleno tim help desk dana kampanye KPU Kabupaten Kepulauan Selayar yang digelar, pada Senin (07/12/2020) dini hari melalui season rapat yang berlangsung dialogis dan alot selama kurang lebih sembilan jam mulai dari pukul. 20.00 sampai pukul 03.30 dini hari.


    “Setelah dirapat plenokan, selanjutnya KPU akan menantikan proses audit Kap atas LPPDK yang disampaikan kedua paslon melalui lo penghubung masing-masing,” sela Mulyati, anggota help desk dana kampanye, menambahkan uraian penjelasan dari Andi Dewantara.   

      

    Terpisah, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kepulauan Selayar, Mansurt Sihadji, SKM, M.Kes, membenarkan penyerahan dokumen LPPDK oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, peserta pilkada serentak 9 Desember 2020, kepada tim help desk dana kampanye.


    “Terkait dengan hal tersebut, KPU Selayar akan senantiasa membuka diri dan siap merespon segala bentuk pertanyaan seputar dana kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Selayar tahun 2020 sebagai bentuk penjabaran gerakan sadar pemilu,” katanya.


    Dia menandaskan, pertanyaan seputar dana kampanye dapat disampaikan melalui rumah pintar pemilu dan menghubungi koordinator divisi hukum dan pengawasan, Mansurt Sihadji, di line telefon, 08114490889, dan atau koordinator divisi tekhnis, Andi dewantara di nomor, 082236570008.


    “Pertanyaan serupa juga dapat diajukan melalui Nur putriyana Alang, di nomor 08114193681 atau Mulyati di nomor 085656042042 yang tergabung dalam tim help desk dana kampanye KPU Kepulauan Selayar,” pungkasnya. (Andi Fadly Dg. Biritta)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini