Iklan

Iklan

,

Iklan

SBI Pertahankan Profitabilitas dalam Situasi Pandemi

Minggu, 06 Desember 2020, 23:55 WIB Last Updated 2020-12-06T16:55:51Z


CILACAP, Harian7.com
- Pandemi Covid-19 terus memberikan tekanan pada perekonomian dan bisnis termasuk industri bahan bangunan. Berdasarkan press rilis, konsumsi semen domestik hingga akhir September 2020 tercatat turun 1,95 persen. Meskipun turut mengalami penurunan volume penjualan, sinergi yang kuat dengan SIG selaku induk perusahaan membantu SBI mempertahankan kinerja keuangan yang positif pada kuartal III Tahun 2020.

 

Penurunan volume penjualan semen dan terak dan pendapatan turun masing-masing 0,7 persen dan 5,2 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019. Meski demikian, upaya-upaya optimalisasi dan sinergi yang dilakukan perusahaan dengan SIG berhasil meningkatkan laba kotor 5,5 persen menjadi Rp 2 triliun. EBITDA meningkat 38,6 persen menjadi Rp 1,6 triliun.

 

SBI juga mencatat penurunan beban pokok pendapatan sebesar 8,8 persen yang berkontribusi terhadap peningkatan laba sebelum bunga dan pajak penghasilan sebesar Rp 965 miliar serta peningkatan laba bersih sebesar 120,9 persen menjadi Rp 439 miliar.

 

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk


PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (98,3%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG - produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan total kapasitas produksi 53 juta ton semen per tahun.

 

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas gabungan per tahun 14,8 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,400 orang. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya. (*)

 

Iklan