Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Polda Jateng Gelar Operasi Lilin Candi 2020 Untuk Amankan Natal Dan Tahun Baru

Redaksi
Senin, 21 Desember 2020, 21:34 WIB Last Updated 2020-12-21T14:38:14Z

Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji saat menghadiri pelaksanaan Giat apel pasukan operasi lilin candi yang digelar dihalaman Mapolda Jateng, Senin (21/12).

SEMARANG, Harian7.com - Polda Jawa Tengah melaksanakan Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Kepolisian terpusat, yang dihadiri oleh Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, yang digelar  di halaman Mapolda Jateng, Senin (21/12).


Operasi Lilin Candi 2020 yang dimulai pada hari ini dan akan berakhir pada 4 Januari 2021 selama 15 hari melibatkan personil gabungan dari TNI dan Polri serta Dinas perhubungan, Pol PP, Damkar, Basarnas dan BPBD.


Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan gelar pasukan ini ditujukan untuk mengetahui kesiapan personil peralatan berikut cara kerja yang akan kita laksanakan selama 15 hari ke depan dengan Fokus utama adalah pengamanan Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).


"Kegiatan akhir tahun itu didalamnya terdapat kegiatan agama dan agenda masyarakat yang sudah dilaksanakan setiap tahun untuk merayakan malam pergantian tahun," ujarnya.


Menurutnya, Polda Jateng dan Forkopimda Jateng telah bersepakat dengan tokoh-tokoh agama bahwa perayaan Natal memdatang akan diampu secara daring dan dibatasi kehadiran di gereja-gereja yang ada.


Dia menuturkan kepada personel untuk tetap jaga kesehatan dan jalankan tugas dengan baik serta mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.


"Dalam pengamanan ini ada beberapa titik yang nantinya akan kita pusat keramaian serta kerumunan, tugas kita mencegah untuk tidak terjadinya kerumunan pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru," tuturnya.


Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menuturkan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru di situasi pandemi Covid-19 bisa berjalan lancar, dan aman dengan mencegah penyebaran virus Covid-19.


Selain itu, lanjutnya, guna mengantisipasi tempat wisata Polda Jateng dan Forkopimda Jateng telah berkomunikasi dengan pengelola tempat wisata dan pengelola hotel untuk menerapkan Protokol Kesehatan dan membatasi pengunjung, khusus untuk pengujung dari luar kota harus Test Rapid Antigen untuk memastikan telah negatif Covid


"Mudah-mudahan tidak ada gangguan keamanan, yok kita saling menghargai dan menghormati agar bisa hidup berdampingan dan bisa menghindari Covid-19 ini dengan selalu menerapkan Protokol Kesehatan,"pungkasnya. 

Iklan