Iklan

Iklan

,

Iklan

Kasus Covid 19 Secara Kumulatif Capai 1102, PIC Kota Salatiga di Aktifkan

Redaksi
Selasa, 15 Desember 2020, 04:56 WIB Last Updated 2020-12-15T02:19:32Z

 

Walikota Yuliyanto SE MM saat membuka kembali PIC.


Laporan: Choerul Amar


SALATIGA,harian7.com - Dalam beberapa hari ini,  kasus Covid-19 di Kota Salatiga menunjukkan kurva naik. Secara kumulatif kasus positif per-Senin(14/12) tercatat  mencapai 1102 kasus.


Dari hal tersebut, maka Pusat Informasi Covid19 (PIC) di Kota Salatiga di reaktivasi kembali. Masyarakat bisa lapor melalui lapor.go.id  atau  radio dengan frekuensi 146.820. Informasi dari tingkat bawah akan bisa segera diketahui sehingga  penanganannya bisa cepat dan tepat.


“Kita reaktivasi kembali pusat informasi covid-19 di Salatiga, karena pandemi ini memang menjadi tanggung jawab kita bersama. Adanya informasi dari tingkat bawah memang sangat diperlukan dan harus sampai sampai atas sehingga penanganannya bisa cepat. Satgas yang ada di RT dan RW harus  digiatkan lagi untuk menekan laju penambahan kasus yang ada,”kata Wali Kota Yuliyanto di Pendopo Bung Karno DPRD Kota Salatiga, Senin (14/12/2020) kemarin.


Dirinya menekankan kepada masyarakat untuk terus melakukan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan). Koordinasi harus dilakukan  secara berjenjang dari mulai tingkat RT, RW dengan satu arahan dan satu kebijakan.


“Masyarakat harus lebih disiplin, tingkatkan koordinasi, dan harus memfilter siapa saja yang masuk ke lingkungannya,”jelasnya.


Adanya klaster pondok yang beberapa hari ini muncul, mendorong kita untuk terus mengingat pentingnya protokol kesehatan dilakukan dimanapun. Kesehatan dan kebersihan harus lebih ditingkatkan kembali.


“Kita harus koordinasikan dengan Kemenag Kota Salatiga untuk kemudian ada imbauan ke pengelola pondok agar di dalamnya sudah sesuai protokol kesehatan yang ketat. Masyarakatpun harus diberikan pemahaman yang benar agar mereka tidak was-was,” imbuh Wali Kota.


Dance Ishak Palit, Ketua DPRD Kota Salatiga mengatakana bahwa perkembangan covid-19 di Jawa Tengah dan di Salatiga sudah mengalami kenaikan, yang artinya angka tersebut belum mencapai puncaknya dan masih akan terus naik. Dirinya, menekankan agar semua pihak bisa terus menjaga diri dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.


“Kita harus melakukan upaya preventif dan promotif secara bersama-sama, agar bisa menekan laju kurva menjadi landai, salah satunya dengan mengoptimalkan pusat informasi ini. Informasi dari tingkat kota sampai RT harus sama dengan terus mengaktifkan jaga tangga yang ada di masyarakat,” ungkap Dance.


Turut hadir dalam “Launching Posko Pusat Informasi COVID-19 (PIC-19) Kota Salatiga”,Ketua DPRD Kota Salatiga (Dance Ishak Palit M.Si),Kasrem 073/Makutarama (Letkol Czi Hendro Edi Busono),Dandim 0714/Salatiga  (Letkol Inf Loka Jaya Sembada SIP),Waka Polres Salatiga (Kompol I Ketut Tutut S.H.),Ka PN Salatiga (Riyono,SH,MH), Sekda Kota Salatiga (Drs Fakhrurozi),Kepala dinas DKK Salatiga (Siti Zuraidah , M.Kes.),Kepala Perangkat Daerah terkait serta Relawan dari RAPI dan ORARI Kota Salatiga.(*)

Iklan