• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    HUT RI

     




    Adv

    Bus Anti Corona di Jateng Siap Diluncurkan

    REDAKSI SEMARANG
    Senin, 14 Desember 2020, 9:28:00 PM WIB Last Updated 2020-12-14T14:28:43Z






    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) meninjau dua unit bus anticorona karya perusahaan karoseri Jateng. 


    SEMARANG, Harian7.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau dua unit bus anticorona karya perusahaan karoseri Jateng. Bus berlabel Bio Smart and Safe Bus ini sudah diparkir di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (14/12).


    Dua unit bus tersebut terdiri atas bus penumpang dan Bus Bio laboratorium. Kedua Bus dibuat dengan standard tinggi untuk meminimalkan penyebaran virus Covid-19.


    Direktur Teknik Laksana Bus Stefan Arman mengatakan Bio Smart and Safe Bus tersebut didesain menggunakan pendekatan segitiga sakit di antaranya aspek lingkungan atau environment, aspek pathogen dengan pengaplikasian lapisan nano silver yang dapat menguraikan virus atau bakteri pada interior bus, dan aspek host atau penumpang dengan penggunaan masker khusus dengan kandungan herbal.


    "Aspek lingkungan sudah mengadopsi tata letak kursi 1-1-1 atau physical distancing. Sistem yang membedakan dengan bus pada umumnya adalah sirkulasi udara yang sudah mengadopsi sistem sirkulasi udara di pesawat,"ujarnya. 


    Menurutnya, sistem sirkulasi udara dingin yang dihembuskan melalui AC langsung bertikal ke bawah. Udara itu kemudian dihisap dan disalurkan ke 3 tahapan filter yaitu prefilter, HEPA grade filter, dan UV C.


    "Dengan sistem sirkulasi udara yang baru ini diharapkan bisa meminimalkan atau mengurangi viral load yang ada di dalam kabin bus,"tuturnya.


    Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan produk bus dari Karoseri Laksana tersebut. 


    Menurutnya, bus tersebut bisa menjadi salah satu alternatif transportasi yang aman di tengah masa pandemi.


    "Busnya bagus. Bisa jadi alternatif di tengah situasi seperti ini,"pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini