Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Antisipasi dan Penanganan Kebencanaan, Pemkab Jepara Alokasikan Anggaran Sebesar Rp 2 Miliar

Redaksi
Jumat, 18 Desember 2020, 22:50 WIB Last Updated 2020-12-18T15:50:08Z
Istimewa.


JEPARA,harian7.com – Untuk antisipasi dan penanggulan bencana, Pemerintah Kabupaten Jepara mengalokasikan anggaran dana sebesar Rp 2 miliar untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada 2021.


"Anggaran yang bersumber dari APBD 2021 tersebut, akan digunakan untuk antisipasi maupun penanganan dampak bencana sepanjang tahun depan. Baik itu banjir, angin puting beliung, tanah longsor, kekeringan, dan lain sebagainya,"kata Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara Kusmiyanto, Kamis (17/12/2020).


Ditambahkannya, selain bersumber dari APBD, pihaknya juga mendapat dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responbility (CSR) setiap tahunnya. Namun dia mengaku, pada tahun ini cukup sulit menghimpun CSR, lantaran sektor industri sedang lesu karena terdampak pandemi Covid-19. Sementara pada 2021 mendatang, pemasukan dana CSR ini juga belum dapat diprediksi.


“Untuk CSR agak sulit karena dampak Covid-19,” ungkapnya.


Menurut indeks risiko bencana Indonesia (IRBI), masih kata dia, Kabupaten Jepara menempati urutan ke-10 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan urutan ke-157 secara nasional, dengan nilai skor 163,20 poin.


“Tingginya indeks risiko bencana di Bumi Kartini, salah satunya dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi wilayah. Apalagi, Jepara terdiri dari pegunungan, perbukitan dan lautan,” lanjutnya.


Ditemui terpisah, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada bencana. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Andi, sapaan akrabnya, juga mengingatkan siklus bencana lima tahunan, seperti prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yakni munculnya siklus La Nina.


“Perhatikan kondisi pohon-pohon di jalan. Lakukan pemangkasan yang sekiranya mengganggu,” katanya.(Fan/DJ)

Iklan