Iklan

Iklan

,

Iklan

Anggota TNI Bersih Monumen Palagan Ambarawa, Kini Tempat Yang Menjadi Simbol Perjuangan Kala Itu Jadi Kinclong

Redaksi
Rabu, 16 Desember 2020, 09:48 WIB Last Updated 2020-12-16T02:48:52Z
Suasana saat kegiatan baksos bersih bersih Monumen Palagan Ambarawa berlangsung.


Laporan: Bang Nur


UNGARAN,harian7.com - Monumen Palagan Ambarawa Kabupaten Semarang kini terlihat tampak bersih. Monumen nasional bersejarah tersebut telah dibersihkan oleh anggota TNI, Polri dan sejumlah relawan serta masyarakat, Selasa (15/12/2020) kemarin.


Dalam kegiatan bakti sosial bersih tempat bersejarah tersebut diikuti Danramil 09/Ambarawa Kapten Inf Romdhani bersama anggota, Danyon Kav 2/TC Mayor Kav Faisal Arif Maulana Yusuf .S.I.P bersama Anggota Yon Kav 2 /Turangga Ceta dan anggota Polsek Ambarawa, dan dari berbagai Komunitas warga.


Danramil 09/Ambarawa Kapten Inf Romdhani melalui Kepala Penerangan Kodim (Kapendim) 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Widharta kepada harian7.com, Rabu (16/12/2020) mengatakan, kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Yonkav 2/ TC tersebut, merupakan suatu wujud pengabdian TNI khususnya Yonkav 2/TC peduli terhadap kebersihan di Monumen Palagan Ambarawa. Selain itu kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 72 TNI AD Tahun 2020. 


"Karya bakti yang dilaksanakan ini, juga untuk membangkitkan kesadaran para anggota TNI dan masyarakat sekitar terhadap kebersihan lingkungan. Dengan adanya kegiatan ini, semua pihak dapat menyadari pentingnya hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar Monumen,"katanya.


Diungkapkan Pelda Yudha, Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang terdapat di Ambarawa, Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945 Ambarawa.


"Maka tempat ini  harus kita rawat dan dipelihara kebersihannya,"ungkapnya.


Sebagi informasi, Pelda Yudha menambahkan, menilik sejarah tentang Peringatan Hari Juang Kartika dan Monumen Palagan Ambarawa ,disaat itu terjadi pertempuran antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Indonesia melawan serdadu Inggris. Pertempuran yang kemudian dikenal sebagai Palagan Ambarawa.


Tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika. Sebelumnya, peringatan Hari Juang Kartika disebut sebagai Hari Infanteri. Hari Juang Kartika pada hakikatnya dilandasi oleh sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam mempertahankan kemerdekaan 75 tahun silam di Kota Ambarawa, pertempuran yang di pimpin langsung oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman.


Peristiwa pertempuran tersebut dikenal dengan Palagan Ambarawa. Perang terjadi selama empat hari pada pertengahan Desember 1945. Pertempuran ini berakhir pada 15 Desember 1945,meskipun persenjataan TKR dan Rakyat tidak secanggih pasukan Sekutu,dengan Semangat perjuangan yang tinggi akhirnya Tentara Sekutu dapat dipukul mundur dan Ambarawa dapat direbut kembali oleh pasukan TKR.(*)

Iklan