• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Wujudkan Pembangunan Yang Maju dan Berdaya Saing, Pemkab Way Kanan Tandatangani Ini?

    Selasa, 17 November 2020, 11:25:00 PM WIB Last Updated 2020-11-17T16:25:54Z
    Pjs. Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T saat menandatangani Nota Kesepakatan.


    Laporan: Dinata | Kabiro Way Kanan


    WAY KANAN,harian7.com - Dalam rangka mewujudkan pembangunan Kabupaten Way Kanan yang maju dan berdaya saing melalui peningkatan kerja sama daerah tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Way Kanan melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Dengan Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Institut Teknologi Sumatera (Itera) Dan Politeknik Negeri Lampung (Polinela).


    Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan Di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan. Selasa, (17/11).


    Turut hadir dalam agenda itu yakni Pimpinan Kantor Wilayah Palembang PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk,


    Rektor Institut Teknologi Sumatera, Direktur Politeknik Negeri Lampung, Sekda, Asisten, Inspektur, Kepala Badan, Dinas, dan Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.


    Dalam Sambutannya Pjs. Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 18 ayat (2) dan ayat (5) tentang Pemerintahan Daerah berwenang untuk mengatur dan mengurus sendiri Urusan Pemerintahan menurut Asas Otonomi dan Tugas Pembantuan dan diberikan otonomi yang seluas-luasnya.


    “Pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada Daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat. Di samping itu, melalui otonomi luas dalam lingkungan strategis globalisasi, Daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta potensi dan keanekaragaman Daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia,”jelas Mulyadi Irsan dalam sambutannya, Selasa (17/11/2020).


    Lanjut Mulyadi bahwa, dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 9 tahun 2015, tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa Kerja Sama Daerah dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.


    “Daerah dapat mengadakan kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan. Kerja Sama Daerah dapat dilakukan dengan daerah lain, pihak ketiga, dan pemerintah daerah atau lembega di luar negeri,”tuturnya.


    Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah juga dimaksudkan sebagai sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, menyerasikan pembangunan daerah, menyinergikan potensi antardaerah, daerah dengan pihak ketiga, dan daerah dengan pemerintah daerah atau lembaga di luar negeri serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi, dan kapasitas fiskal daerah.


    “Dengan dilaksanakannya Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan PT BNI (Persero) Tbk tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan melalui BNI Smart City merupakan salah satu bentuk dukungan BNI dalam penerapan transaksi non tunai (cashless),” Imbuh Mulyadi Irsan sembari dirinya memaparkan penjelasan terkait kerja sama yang berikutnya antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan Insitut Teknologi Sumatera (ITERA).


    “Dengan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan Itera terkait tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi tentu dapat membantu masyarakat dalam membangun Way Kanan dalam Pengembangan dan Penerapan Teknologi Industri, infrastruktur dan kewilayahan serta pengembangan dan penerapan teknologi energy terbarukan dan sumber daya kebumian,”paparnya.


    Tidak hanya itu Pemerintah Kabupaten Way Kanan juga kerjasama dengan Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) tentang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia


    “Bekerja sama dengan Polinela ini dengan harapan dapat memberikan ilmu kepada masyarakat melalui pengembangan Iptek terapan ketahanan pangan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan,”ungkapnya.


    Dirinya berharap atas ditandatanganinya Nota Kesepakatan Bersama tersebut, maka dapat mewujudkan pembangunan di Kabupaten Way Kanan yang maju dan berdaya saing.


    “Ini menjadi tugas dan kewajiban kita bersama, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan PT. Bank Negara Indonesia, Rektor Institut Teknologi Sumatera dan Direktur Politeknik Negeri Lampung beserta Jajarannya yang telah bersedia bekerjasama untuk membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan Khususnya Pemerintah dan masyarakat Way Kanan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan percepatan dalam pemenuhan pelayanan publik,” pungkas Mulyadi.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini