Iklan

Iklan

,

Iklan

 


PT SBI Praktekan Menanam Mangrove Teknik Cluster Di Perairan Nusakambangan

Jumat, 27 November 2020, 02:16 WIB Last Updated 2020-11-26T19:16:24Z


CILACAP, Harian7.com
– Sebanyak 1.000 pohon mangrove dengan ketinggian di atas 1,5 meter disiapkan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk untuk ditanam.


Hal tersebut dikatakatan Manager Community Relations SBI saat melakukan penanaman mangrove bersama warga RW 05 Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap di sekitaran perairan pulau Nusakambangan, Rabu (25/11/2020).


"Dengan ketinggian pohon mangrove segitu, kami berharap agar lebih tahan dan angka hidupnya lebih tingi,” katanya.


Dia menambahkan, penamaan mangrove menggunakan teknik penanaman cluster atau bergerombol. Dimana satu lubang ditanam lima pohon mangrove. Sedangkan lubang tanam dibuat sedalam 40 cm dengan jarak tanam 1-2 meter. 


“Metode ini sudah kami praktekan di tempat lain di sekitar pulau Nusakambangan dan hasilnya 90 persen lebih tumbuh atau hidup. Teknik tanam bergerombol ini adalah solusi yang tepat untuk menanam mangrove di pesisir Pantai Selatan," ungkapnya.


Lebih lanjut dikatakan, penamaan mangrove ini merupakan penanam yang kedua kalinya. Pertama di tahun 2019 juga telah dilakukan di lokasi yang sama dengan tingkat keberhasilan sekitar 10-20 persen. Hal ini disebabkan pohon hanyut, karena hempasan pasang surut air di Pantai Selatan yang cukup kencang.


Sementara, Ketua RW 05 Kelurahan Tambakreja, Ngadiyono ST mengatakan warga mengucapkan terimakasih dan  menyambut baik program penanaman mangrove ini. “Selain untuk melestarikan mangrove juga dapat mengurangi abrasi di wilayah kami yang berbatasan dengan perairan,” pungkasnya. (Rus)

Iklan