Iklan

Iklan

,

Iklan

Patroli Gabungan Siaga Merapi: Warga Kawasan Rawan Bencana III Wilayah Dukun Magelang Telah Siap Diungsikan Bilamana Aktivitas Gunung Merapi Meningkat

Redaksi
Sabtu, 21 November 2020, 20:51 WIB Last Updated 2020-11-21T13:51:24Z


Penulis: Ady Prasetyo Kepala Biro Kedu


MAGELANG, harian7.com – Polsek Dukun Polres Magelang Polda Jateng telah mendampingi tim Gabungan Polres Magelang yang terdiri dari Kodim 0705/Magelang dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ketika melaksanakan patroli ke Daerah Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) Gunung Merapi, Sabtu (21/11/2020).



Patroli dipimpin oleh Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi SH dengan didampingi Mayor Totok dari Pabung Kodim Magelang, Kasatpol PP Kabupaten Magelang Wisnu Harjanto, Kasat Sabhara Polres Magelang Akp Alfian Spd, Kapolsek Dukun Iptu Suyanto dan Peltu Eka dari Koramil Dukun.




" Patroli kali ini kami telah melakukan pengecekan jembatan sungai Nglamat dan Senowo yang merupakan salah satu jalur pengungsian, serta kandang ternak bersama dan kesiapan armada secara swadaya dari masyarakat untuk sarana mengungsi, " terang Kabag Ops Kompol Maryadi ketika berada di Pos Pengamat Gunung Merapi Babadan.



Dari hasil wawancara kami dengan warga di KRB III bahwa mereka sudah siap untuk melakukan pengungsian bilamana adanya peningkatan aktivitas merapi dan menunggu perintah dari petugas dan rekomendasi dari BPPTKG.


"Untuk kesiapannya warga telah mengumpulkan surat surat penting, hewan ternak sudah di jadikan satu dalam kandang secara bersama sama, dan kendaraan pengangkut sudah siap di pinggir jalan, dan wargapun sudah meningkatkan ronda malam,"terangnya.



Sementara Kapolsek Dukun Iptu Suyanto SH menambahkan bahwa dengan meningkatnya aktivitas merapi ini Personil Polsek Dukun setiap hari meningkatkan patroli di Desa Kawasan Rawan Bencana guna memberikan sosialisasi.



" Warga masyarakat yang berada di Dusun tersebut tetap beraktifitas seperti biasa, namun tidak meninggalkan kesiap siagaan bila mana merapi meningkat dan untuk segera mengungsi," imbuhnya.



Patroli yang kami lakukan tidak hanya siang hari saja namun malam hari juga terus kami lakukan, sehingga masyarakat akan lebih tenang dan bisa selalu mendapatkan informasi kaitanya dengan perkembangan aktivitas Merapi.



Adapun route sasaran patroli diawali dari Mapolsek Dukun - Dsn. Gemer  Ngargomulyo, Pengecekan Dsn.  Tangkil Gereja Santo Paulus (Gereja terpencil paling atas), pengecekan Jembatan Kali Nglamat sungai berhulu Merapi, Dsn. Karanganyar - Balai Desa Keningar, Pengecekan Kandang hewan ternak masyarakat Ds. Keningar dalam keadaan aman, Pengecekan Jembatan Muntuk Sungai Senowo yang berhulu Merapi jarak Kurang lebih 6 Km, Pengecekan kendaraan untuk persiapan mengungsi di Dsn. Trono Krinjing dan Pos Pemantauan Gunung Merapi Babadan. (*)

Iklan