• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Gunung Merapi Masuk Level Siaga, Instansi Terkait Termasuk TNI-POLRI Akan All Out, Over Time, Over Bidden Untuk Menanganinya

    Sabtu, 07 November 2020, 2:20:00 PM WIB Last Updated 2020-11-07T07:20:16Z


    Penulis: Ady Prasetyo | Kabiro Kedu


    MAGELANG, harian7.com - Benerapa Instansi terkait melakukan Rapat Koordinasi Bidang Operasi Persiapan Penanggulangan Bencana Gunung Merapi di Wilayah Kab. Magelang, 


    Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Magelang di aula kantor instansi ini dengan tujuan menindaklanjuti peningkatan status gunung merapi dari level waspada ke level siaga III dan adanya evakuasi warga terdampak langsung, Jumat (06/11/2020).


    Tampak hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kab. Magelang Retno Indriastuti, SKM.,M. Kes yang duduk di meja pimpinan rapat bersama Kapolres Magelang AKBP. Ronald A Purba, S.IK., M.Kes.


    Selain itu hadir pula perwakilan Kodim 0705 yang diwakili oleh Pasiops Kapten Arm Mujianto dan sejumlah instansi terkait dari Rumah Sakit Umum Daerah , Kepala Puskesmas Dukun dan perwakilan dari organisasi Profesi, serta perwakilan dari Basarnas Kab. Magelang.


    Dalam sambutanya saat memimpin rapat Kepala Dinas Kesehatan Kab. Magelang Retno Indriastuti SKM. M.Kes mengatakan rapat ini dengan tujuan menindaklanjuti peningkatan status gunung merapi dari level waspada menjadi siaga.


    " Pada rapat ini kami minta masukan dari Bapak Kapolres dan Bapak Dandim serta seluruh peserta rapat agar dalam penanganan bencana merapi dapat berjalan sinergi dan optimal"  tambahnya.



    Kapolres Magelang Akbp Ronald A. Purba, S.I.K., M.Si. dalam kesempatan yang sama mengatakan saat ini kita masuk dalam kegiatan operasi persiapan penanggulangan bencana, Kita samakan persepsi, ini operasi kemanusiaan , operasi amal makanya kita All Out, kita over time, over bidden dan over yang lainya.


    " Sumber daya yang ada di organisasi masing- masing kita kerahkan betul untuk masyarakat yang terdampak bencana ini" harapnya.


    Kami dari Polres Magelang dan Kodim 0705 Magelang selalu siap diminta pertolonganya , kami siap anytime dan kami All Out membantu BPBD, jangan sungkan - sungkan mau kapan saja kami siapp, tegasnya.


    Kami berharap seluruh kegiatan terkoordinir , saling isi dan saling menutupi satu dengan yang lain. Pungkasnya.


    Pada akhir rapat koordonasi disimpulkan sebagai berikut :

    1. Tujuan rapat adalah tindaklanjut antisipasi pengungsi merapi akibat meningkatnya status waspada menjadi siaga;

    2. Pelayanan kesehatan untuk pengungsi di masa pandemi perlu dikelola sesuai SOP dan Protokol kesehatan Covid19;

    3. Kesiapan Sumber daya manausia , Sarpras dan dukungan stakeholders sangat penting;

    4. Upayakan pengungsi terapkan 3 M, PHBS secara patuh disiplin;

    5. Disediakan Posko Kesehatan di masing2 tempat pengungsi dengan dukungan tenaga dari tim puskesmas & organisasi profesi.


    Setelah mengikuti rapat, Kapolres bersama instansi lainya menuju tempat pengungsian mendampingi Bupati untuk melakukan peninjauan di balai desa Deyangan Kec. Mertoyudan Kab. Magelang. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini