• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    Adv

    Festival Gedong 9 Tonggak Bangkitnya Pariwisata Kabupaten Semarang

    Rabu, 11 November 2020, 9:39:00 PM WIB Last Updated 2020-11-11T14:41:45Z
    Penulis : Fera


    SEMARANG, Harian7.com
    - Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang gandeng masyarakat pemangku adat Gedong 9 gelar Festival Gedong 9. Festival yang dilaksanakan sejak Senin (09/11/2020) hingga Kamis (12/11/2020) di gelar di komplek Candi Gedong 9 di Dusun Darum Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

    Festival yang mengusung tema 'Sejuta Karya Beribu Warna' tersebut diawali dengan prosesi pengambilan air suci di 3 wilayah yang berbeda yaitu wilayah Kecamatan Jambu, Kecamatan Sumowono, dan Kecamatan Bandungan.

    Pengambilan air suci dilakukan Senin, (09/11/2020) oleh komunitas pemangku adat Gedong 9, kemudian Dilanjut dengan pementasan Sendra Tari pada Selasa (10/11/2020), lalu reresik (bersih-bersih, red) Candi pada Rabu (11/11/2020), dan diakhiri dengan pementasan Sendra Tari pada Kamis, (12/11/2020).

    Bupati Semarang, dr. Mundjirin ES, Sp.Og yang hadir dalam event reresik Candi pada Rabu (11/11/2020) mengatakan, bahwa selama pandemi Covid-19 dunia pariwisata dan kesenian di wilayah Kabupaten Semarang terpuruk yang berkibat tidak adanya pemasukan bagi para pelaku wisata dan juga pendapatan asli daerah.

    "Oleh karena itu, event semacam ini yang dilakukan secara live streaming juga diharapkan bisa tersiar ke berbagai daerah, sehingga bisa mendatangkan pengunjung dan membangkitkan kembali pariwisata di Kabupaten Semarang," papar Mundjirin kepada harian7.com

    Mundjirin juga mengungkapkan bahwa dengan new normal ini pihaknya mencoba membangkitkan kembali pariwisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan baik bagi pelaku pariwisata, tempat wisatanya maupun pengunjungnya.

    "Harus tetap menerapkan CHSE (clean, healty, safety, environtment) agar destinasi wisata tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19," tandasnya.

    Sementara, ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih mengatakan, jika kunjungan wisata di Kabupaten Semarang hingga bulan November 2020 turun drastis sebanyak 52%. Karenanya beberapa event sengaja dihadirkan agar bisa mendatangkan wisatawan, termasuk festival Gedong 9 tersebut.

    "Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi pariwisata di Kabupaten Semarang yang sarat akan budaya dan adat, melalui prosesi dan pameran UMKM Kabupaten Semarang. Karena wisata itu bukan hanya destinasi wisata saja, tetapi juga ada kuliner, souvenir, yang harus dikolaborasikan agar bisa bersinergi, ketika ada kunjungan, maka UMKM juga merasakan dampaknya," jelas Dewi.

    Sebagai pijakan awal bangkitnya pariwisata Kabupaten Semarang, pihak Dinas Pariwisata sengaja menggandeng semua pemangku adat di wilayah Gedong 9.

    "Dengan menggandeng para pemangku adat rangkaian acara prosesi reresik Candi ini semakin komplit. Dan tahun ini, kita ada kain yang menjadi ciri khas di festival Gedong 9 ini, yaitu kain seribu makna yang memiliki arti keinginan kami agar festival ini bisa menjadi pijakan, sehingga ke depan bisa lebih baik lagi," pungkasnya. 
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini