Iklan

Iklan

,

Iklan

Dimasa Pandemi, RS Bhayangkara Semarang Buka Layanan PCR dan Forensik Klinik

Redaksi
Jumat, 13 November 2020, 16:18 WIB Last Updated 2020-11-13T09:21:03Z

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (kanan) saat meninjau laboratorium PCR dan ruang pelayanan forensik klinik (Forklin) di rumah sakit byangkara Semarang


SEMARANG, Harian7.com - Rumah sakit (RS) Byangkara Semarang membuka 2 layanan baru yaitu peresmian laboratorium PCR dan Ruang Pelayanan Forensik Klinik (Forklin), Jumat (13/11).


Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan PCR akan mendeteksi material genetik virus corona dan mendiagnosa Covid-19.


"Pada situasi serta dimasa Pandemi saat ini sangat dibutuhkan pemeriksaan PCR tujuanya mengetahui segera apabila seseorang terpapar Covid-19 jadi bisa segera di isolasi dan di lakukan tracking sehingga penularan bisa dihindari,"ujarnya. 

 

Menurutnya, PCR atau sering disebut Polymerase Chain Reaction merupakan suatu standar baku untuk menegakkan diagnosis Covid - 19


"Saya selalu mengingatkan kepada  masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,"tuturnya. 


Sementara itu, Karumkit RS Bhayangkara Semarang, Kombes Pol Dr. dr. Sumy Hastry menuturkan Lab PCR milik RS Bhayangkara masih memunggun proses sertifikasi dari Kemenkes agar terdaftar sebagai Laborat jejaring Kemenkes.


"Kapasitas pemeriksaan alat PCR ini kurang lebih 100 - 150 / hari, diharapkan selesai pemeriksaan paling cepat 1 hari, maksimal 3 hari,"ucapnya. 


Menurutnya, Laborat PCR memiliki  luas 37 M yang terdiri dari 3 ruangan. Ruang 1 penerimaan sample dan ekstraksi sample, Ruang 2 ruang mixing reagen, Ruang 3 ruang pemeriksaa PCR.


Dia menambahkan, Selain Lab PCR ada juga Forensik Klinik (Forklin) yaitu salah satu program unggulan baru di akhir tahun 2020 RS Bhayangkara Semarang sebagai rumah sakit ramah perempuan dan anak.


"Fitur aduan online dapat mudah di akses masyarakat melalui aplikasi yang tergabung dalam aplikasi pendaftaran RS Bhayangkara,"pungkasnya.

Iklan