• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Dandim 0714/Salatiga Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Ini Katanya?

    Kamis, 05 November 2020, 1:57:00 PM WIB Last Updated 2020-11-05T09:15:07Z
    IST.


    Laporan: Bang Nur


    UNGARAN,harian7.com - Dalam rangka meningkatkan kemampuan penanganan dan pertolongan  dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam Kodim 0714/Salatiga bersama Kepolisian , BPBD, Basarnas, Pemadam Kebakaran, dan jajaran Pemda menggelar  Latihan Penanggulangan Bencana Alam. 


    Adapun kegiatan latgulcal yang dilaksanakan  di  Lapangan Rakyat Desa Banyubiru kecamatan Banyubiru Kabupaten S emarang pada Kamis (05/11/2020) tersebut dibuka oleh Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya SIP.


    Kapendim 0714/Salatiga  Pelda W. Yudha Widharta kepada harian7.com, Kamis (5/11/2020) mengatakan, pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam  ini bertujuan untuk melatih dan menguji kesiap siagaan satuan sesuai dengan prosedur tetap (Protap) yang dibuat satuan  dalam menghadapi bencana alam.


    "Pelatihan ini juga untuk menguji kemampuan Komandan Kodim  dan  Perwira Stafnya maupun aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dan Organisasi terkait dalam mengolah kemampuan operasional pelaksanaan kegiatan di dalam organisasi penanggulangan bencana alam yang di hadapi,"ungkap Pelda W. Yudha Widharta.


    Ditambahkan Pelda W. Yudha Widharta, penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terpadu antara Kodim dan pemerintah daerah, dengan terencana, terkoordinasi secara menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana.


    "Dalam operasi bantuan ini yang meliputi aspek komando pengendalian    dan prosedur bantuan administrasi dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan wilayah, serta bagaimana memadukan visi dan misi Forkopimda dalam menghadapi bencana alam,"pungkasnya.

    Baca juga:

    Berusaha Kabur, Pencuri Uang Kotak Amal di Masjid Terjatuh dan Tertangkap Warga

    Sementara itu, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya SIP saat membuka acara dalam sambutannya menyampaikan, agar semua personel yang terlibat dalam kegiatan latgulcal melaksanakan dengan sungguh sungguh. Aplikasikan apa-apa yang sudah di latihkan di sesuaikan dan dihadapkan pada kejadiaan sesunguhnya.


    “Bencana alam diwilayah propinsi jawa tengah terutama dalam penanganan korban bencana  , untuk itu saya perintahkan materi latihan ini harus benar – benar dapat dipahami , dicermati dan dipelajari disatuan masing – masing dan gunakan inovasi dan kreativitas dihadapkan pada karakteristik bencana yang berbeda – beda,"tandas Dandim.


    Dari pantauan harian7.com, pada kesempatan tersebut turut dihadiri Kasiopsrem 073/Makutarama Mayor Inf Hermawan Adi N,Kasiterem 073/Makutarama Letkol Inf Arif Ismawan, Pasilatrem 073/Makutarama Mayor Kav.Jones Fery Manurung,Wadan Denzibang 3/IV Sltg Mayor Czi Epy Tiyanto,Pabungdim 0714/Sltg Mayor Inf Supriyono,Dansub Den POM Ambarawa Kapten CPM Sarjono,Danramil Banyubiru Kapten Inf Qhodir,Pasi Opsdim 0714/Sltg Lettu Czi Ahmad Taufik,Kapolsek Banyubiru Iptu Rahmad Basuki. SH,Camat Ambarawa Hartono serta Kades Banyubiru  Sri Anggoro.


    Setelah melaksanakaan upacara pembukaan,Dandim dengan didampingi tamu undangan melaksanakan pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana pendukung kegiatan latgulcal.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini