Iklan

Iklan

,

Iklan

Polres Cilacap Kini Miliki Aplikasi SAR dan Tim Terkam Garuda Nusakambangan

Selasa, 10 November 2020, 22:40 WIB Last Updated 2020-11-10T15:47:27Z


CILACAP, Harian7.com
- Kapolres bersama Forkopimda Kabupaten Cilacap melaunching aplikasi Search And Rescue (SAR) dan tim Terkam Garuda Nusakambangan Cilacap di lapangan apel SAR Polres Cilacap, Selasa (10/11/2020).


Tim Terkam Garuda Nusakambangan Polres Cilacap merupakan tim tindak Polres Cilacap yang dibentuk sebagai upaya darurat membantu masyarakat Cilacap apabila terjadi gangguan Kamtibmas yang terjadi dan melaporkan kepada operator SAR.


Kemudian,  tim Terkam Garuda Nusakambangan Polres Cilacap akan mendatangi tempat kejadian gangguan Kamtibmas. Tim Terkam Garuda Nusakambangan merupakan tim yang di bentuk dan bersinergi dengan instansi Pemerintah Daerah Cilacap.


Kapolres Cilacap, AKBP Dery Agung Wijaya mengatakan, tim Garuda Nusakambangan hadir sebagai pertolongan pertama apabila ada masyarakat yang membutuhkannya, kami bukan penyelesaian masalah, karena ada instansi lain yang terkait seperti SAR, Basarnas, Pemadam Kebakaran, TNI-Polri dan seluruh instansi terkait saling berkolaborasi.

 

“Tim Terkam Garuda Nusakambangan akan melaksanakan tugas di seluruh wilayah Cilacap dengan Posko Operator berada di pos polisi Alun-alun sebagai sentral tim Terkam Garuda Polres Cilacap. Saat ini Tim Terkam Garuda Nusakambangan berjumlah 20 orang untuk wilayah kota dan 10 orang di setiap distrik Polres Cilacap,” katanya.


Sebagai contoh, lanjut Kapolres ketika diperjalanan menemukan suatu kejadian misal laka lantas, maka tim Terkam akan hadir dan kemudian tim Terkam menghubungi instansi terkait. Selain itu, kita juga akan membuat icon di Kabupaten Cilacap yaitu melalui aplikasi SAR, dan 911 di Cilacap adalah aplikasi SAR Cilacap untuk mengakses informasi-informasi dari masyarakat.


“Kami mohon dukungannya dalam melaunching aplikasi SAR dan  tim Terkam Garuda Nusakambangan, semoga bermanfaat dan bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Rus)

Iklan