Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Cilacap & Presdir SBI Resmikan Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah

Kamis, 19 November 2020, 13:12 WIB Last Updated 2020-11-19T06:12:24Z

CILACAP, Harian7.com - Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji bersama Presiden Direktur PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk, Aulia Mulki Oemar resmikan gerakan pilah sampah dari rumah untuk masyarakat.


Dalam pernyataannya, Bupati mengatakan, bahwa peresmian gerakan pilah sampah merupakan upaya bersama pengelolaan sampah. Pilah sampah dimulai dari rumah sebagai sumber sampah agar memberi manfaat, karena sampah masih memiliki nilai ekonomis seperti sumber bahan bakar, kerajinan dan pupuk organik.

"Setiap keluarga memiliki potensi untuk menghasilkan sampah, dengan gerarakan pilah sampah, kami mengajak masyarakat untuk lebih bijak memisahkan sampah dari rumah, pemilahan ini akan mempermudah dalam pengolahan selanjutnya dan akan lebih memberikan manfaat daripada sekedar langsung di buang," katanya, Rabu (18/11/2020) di kantor Bupati komplek Setda Cilacap.

Sementara, Presiden Direktur PT SBI, Aulia Mulki Oemar mengatakan, sebagai pilot proyek, gerakan pilah sampah akan dimulai di 8 RW sekitar pabrik SBI Cilacap. Keberhasilan pilah sampah ini telah dirasakan manfaatnya oleh warga RW 10 Kelurahan Karangtalun Kecamatan Cilacap Utara.
 
Lebih lanjut dikatakan, SBI bersama dengan warga membentuk Bank Sampah Damar Asri tahun 2017. Selama 3 tahun beroperasi telah terkumpul uang Rp 14 juta dari hasil penjualan sampah yang dikumpulkan sebanyak 138 keluarga.

“Kami berharap program pilah sampah dari rumah bukan hanya masalah ekonomis, tetapi lebih dari itu adalah membangun kesadaran pentingnya mengelola sampah sejak awal dan akan meningkatkan derajat kesehatan serta kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (Rus)

Iklan