Iklan

Adv

Rayakan Merti Dusun, Tokoh Pewayangan Punokawan Tindak Masyarakat Tak Disiplin Protokol Kesehatan

Sabtu, 03 Oktober 2020, 8:58:00 PM WIB Last Updated 2020-10-03T14:05:34Z

 

Ist

Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com - Tradisi Merti Dusun di Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga, berlangsung meriah.  Nampak dalam acara yang sudah menjadi tradisi sejak zaman nenek moyang tersebut berlangsung tak seperti biasanya. Kali ini, nampak masyarakat berpakaian Punokawan layaknya tokoh pewayangan, Sabtu (3/10/2020) melakukan sosialisasi edukasi door to door serta operasi yustisi secara terpadu.


Hadir dalam acara tersebut, Forkompimcam Argomulyo  Dwi Agus B, S.Sos selaku Camat Argomulyo, Kapten CBA M. Kurdi SE Danramil 16/Tingkir, Kapolsek Argomulyo IPTU Asikin dan diikuti oleh Lurah Tegalrejo Titin Eka Novia SE, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Sat Pol PP Kota Salatiga, serta Ketua RW se Kelurahan Tegalrejo.


Kapolsek Argomulyo Iptu Asikin melalui Kasi Humas Aipda Rarang Indratmoko saat dikonfirmasi harian7.com disela kegiatan mengatakan, Tradisi Merti Dusun sudah sejak dulu dilakukan masyarakat Kelurahan Tegalrejo, akan tetapi dalam perayaan kali ini berbeda dengan sebelumnya karena adanya wabah Covid 19. Bersama Forkompincam, peringatan Merti Dusun diisi  oleh masyarakat  dengan melakukan sosialisasi edukasi door to door serta operasi yustisi secara terpadu.


"Sosialisasi hari ini diawali mulai dari pertigaan Jalan Tegalrejo Raya sembari berjalan kaki hingga sampai ke Masjid Suufi, dan saat menjumpai  warga maupun pengguna jalan yang melintas khususnya yang tidak memakai masker langsung  diberikan edukasi maupun diberikan tindakan oleh Sat Pol PP,"kata Aipda Rarang.


Ditambahkannya, cara ini merupakan inisiatif dari Lurah Tegalrejo dalam rangka mengingatkan kepada warganya karena saat ini Tegalrejo mendapat nilai 0 dalam grafik Covid 19 di Kota Salatiga atau dinyatakan sebagai zona hijau.


"Kami dari Polsek Argomulyo dalam acara ini melakukan pendampingan kegiatan sebagai bentuk sinergitas dalam pelaksanaan tugas secara bersama sama menciptakan kondusifitas yang ada di tengah mewabahnya Covid 19, agar masyarakat senantiasa mendisiplinkan diri tetang penggunaan masker saat melakukan aktifitas di luar rumah,"pungkas Aipda Rarang.


Terpisah, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS melalui Kasubbag Humas AKP Imam Djoko Lelono SH mengatakan, lakukan operasi yustisi dengan menggandeng instansi terkait. Selain memberikan edukasi secara humanis juga melakukan tindakan kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker untuk selanjutnya dilakukan pendataan oleh Sat Pol PP, termasuk dalam hal ini bersinergi dengan unsur TNI sebagai pengawal kebijakan pemerintah.(*)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini