Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Karakter Pendidikan Anak Dimulai Sejak Dini Agar Bisa Berkualitas

Redaksi
Rabu, 14 Oktober 2020, 22:03 WIB Last Updated 2020-10-14T15:08:01Z
Ketiga narasumber saat hadir dalam dialog interaktif Prime Topic bertema Memperkuat Karakter Bangsa Foto (Andi Saputra/harian7.com)


SEMARANG, Harian7.com - Dalam mendidik anak diharuskan mulai dari sejak kecil hingga tumbuh dewasa serta dibutuhkan pendidikan yang berkualitas supaya bisa menjadi karakter pribadi baik, hal tersebut dikatakan oleh, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin, dalam dialaog interaktif Prime Topic, bertema Memperkuat Karakter Bangsa yang digelar di Noormans Hotel Semarang, Rabu (14/10).

Menurutnya, keteladanan adalah sesuatu yang mudah diucapkan namun susah dilaksanakan. Dalam keteladanan, harus dilakukan secara subjektif, yakni pemimpin harus memberi contoh yang baik

Dia menuturkan, karakter anak bangsa dipengaruhi lingkungan pergaulan, kerja atau rumah tangga. Misalnya eks teroris dulunya orang baik, akan tetapi dengan adanya arus globalisasi dan kebebasan informasi tentu mempengaruhi dan cuci otak.

"Namun setelah mereka sadar (eks teroris), dia mengaku salah pergaulan. Maka harusnya karakternya adalah Pancasila,"ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jateng ST. Sukirno menuturkan dalam memperkuat karakter bangsa bukan hanya tugas satu badan, tetapi merupakan tugas semua lini.

Menurutnya, Pancasila sebagai karakter bangsa, Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia, dan merupakan rumusan serta pedoman berbangsa dan bernegara.

"Karena Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang seharusnya menjadi rujukan utama untuk mendidik anak bangsa,"ucapnya. 

Iklan