Iklan

Adv

HUT TNI ke-75, Kodim Cilacap Tanam 6.000 pohon di Pantai Teluk Penyu

Jumat, 02 Oktober 2020, 1:03:00 AM WIB Last Updated 2020-10-01T18:03:49Z
CILACAP, Harian7.com - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-75 tahun 2020, Kodim 0703 Cilacap gelar kegiatan karya bakti (Karbak) penanaman pohon dan bakti sosial (Baksos) pembagian sembako untuk warga kurang mampu.

Karya bakti dan baksos yang diselenggarakan Kamis, (01/10/2020) di area Obyek Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap, mengambil tema 'Sinergi Untuk Negeri' itu dihadiri Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Letkol laut (P) Bambang Marwoto, ST, MSc, Psc, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr ( Han), Kapolres Cilacap yang diwakili Kompol Agus Sulistiyanto, SH, SIK, Danlanud Jenderal Besar Soedirman Letkol Pnb Arie Sulanjana, ST, MPM, Kasiter Pusdiklat Passus Mayor Inf Mustofa, Kasi Intel  Kejaksaan Cilacap D. Purnomo, SH, Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, Pimpinan BUMN dan BUMD Cilacap, SKPD Cilacap serta para peserta penanaman pohon yang berjumlah 1.000 orang.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga kurang mampu, Kodim 0703 Cilacap juga melaksanakan bakti sosial dengan membagikan 200 paket sembako kepada warga sekitar.

Secara simbolis, Dandim, Bupati, unsur Forkopimda dan tamu undangan serta diikuti seluruh peserta melakukan penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai Teluk Penyu. Sebanyak 6.000 pohon diantaranya 1.000 pohon Balsa, 3.000 pohon Ketapang Laut dan 2.000 pohon Cemara Laut yang ditanam dalam Karya bakti tersebut.

Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr ( Han) dalam sambutanya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap jajaran instansi pemerintah dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan bakti sosial dan penanaman pohon di pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap.

Meskipun ditengah-tengah pandemi Covid-19, kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Kegiatan Bakti Sosial kepada masyarakat dalam bentuk pembagian sembako merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian Kodim 0703 Cilacap untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap," katanya.

Sementara itu, lanjut Dandim kegiatan bakti sosial merupakan salah satu wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Selain itu penanaman pohon di lahan-lahan kosong dilakukan sekaligus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga keindahan alam mulai sekarang.

"Ada banyak manfaat dengan dilaksanakan penanaman pohon ini diantaranya dalam rangka mengantisipasi abrasi gelombang pasang dan mengurangi dampak pemanasan global serta bencana alam lainnya. Untuk itu pada kesempatan ini saya berharap bahwa apa yang saat ini kita tanam hendaknya dirawat, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat kepada anak cucu kita," tandasnya.

Program kegiatan penanaman pohon adalah wujud TNI Manunggal bersama rakyat dan rasa cinta rakyat kepada TNI dengan bersama-sama melaksanakan kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan, karena dengan menanam pohon membuktikan kita cinta kepada alam.

"Bila kita cinta pada alam maka alam akan cinta kepada kita dan saya mengajak kepada masyarakat serta komponen lainnya agar peduli terhadap lingkungan," jelasnya.

Kodim 0703 Cilacap mempunyai kewajiban memelihara lingkungan agar tetap lestari dan telah melaksanakan penanaman pohon di berbagai tempat di wilayah kabupaten Cilacap, kegiatan serupa juga akan dilakukan di wilayah Koramil jajaran dengan menanam 10.000 pohon.

"Diharapkan penanaman pohon ini dapat memberikan manfaat untuk generasi sekarang dan yang akan datang terkait keterlibatan anak-anak merupakan wahana edukasi sejak dini tentang pentingnya menciptakan lingkungan Asri serta mengedukasi terkait pelaksanaan alam semesta agar semangat mencintai lingkungan tertanam sejak usia dini," pungkas Dandim. (Rus)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini