• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Doplang Cemerlang, Tawarkan 7 Pesona Wisata Di Bumi Hanoman

    Kamis, 29 Oktober 2020, 8:53:00 PM WIB Last Updated 2020-10-29T13:56:40Z

    SEMARANG, Harian7.com - Desa Doplang yang terletak di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Jawa Tengah dengan luas wilayah sekitar 372,2 Ha ternyata menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Tak hanya hamparan ladang bunga Sedap Malam yang siap memanjakan mata, namun jika kita mengulik lebih dalam ketika memasuki kawasan Desa Doplang terdapat 7 pesona wisata yang tersebar di 7 penjuru Dusun.


    Tujuh keunikan wisata di Desa Doplang yang sayang untuk dilewatkan resmi dilaunching pada Rabu, (28/10/2020). Pesona pertama adalah Penggung Camp yang terletak di bukit Kendalisodo Dusun Kembangsari. Tempat wisata ini menawarkan keindahan pemandangan rentetan gunung Merbabu, Telomoyo, Andong dan eksotisme Rawa Pening di siang hari. Dan pada malam harinya area camping yang terdapat di bukit Krenyo ini akan menawarkan keindahan lampu-lampu kota Ambarawa dan sekitarnya yang nampak luar biasa.

    Setelah puas menikmati pemandangan di ketinggian, kita bisa meluncur ke kampung 1000 Toga di Dusun Gentan. Disini kita bisa menikmati berbagai minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai macam rempah-rempah yang ditanam sendiri oleh warga Gentan. Disamping itu ada beberapa spot selfie yang ada dipinggir sawah yang tentunya sangat instagramable.

    Puas menikmati jejamuan, kita bisa melanjutkan ke Talang Mas Kendalisodo yang berada di Dusun Candi. Talang Mas sendiri merupakan destinasi wisata yang berada tepat di bawah bukit Kendalisodo dengan konsep kuliner khas Jawa dengan suguhan karawitan dan sendra tari yang akan digelar setiap harinya.

    Beranjak dari Talang Mas, kita akan digiring ke rumah Maggot dan Taman Azzola yang berada di Dusun Krajan. Rumah Maggot merupakan tempat pembudidayaan Maggot dan Azzola yang dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat dengan basis edukasi ekologi.

    Setelah puas mempelajari tentang seluk beluk Maggot kita bisa melanjutkan ke Puspayana. Puspayana merupakan pusat budidaya bunga Krisan. Terletak di tengah persawahan dan hamparan ladang bunga Sedap Malam yang menjadi icon Desa Doplang, kita bisa menikmati sunset yang sempurna untuk berswa foto.

    Letih berswa foto di hamparan bebungaan di Puspayana, kita bisa sejenak beristirahat menyegarkan raga yang penat di sendang Kramat Kali Klotok yang berada di Dusun Krajan. Sendang Kramat ini merupakan sumber mata air panas yang sangat bagus untuk berendam melepas penat maupun untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit.

    Tak jauh dari sendang kramat, kita akan menikmati sebuah Gumuk yang bernama Gumuk Seblang yang merupakan situs bersejarah di Desa Doplang dimana masih terdapat peninggalan masa lalu di tempat tersebut.

    Ditemui saat peresmian di Desa wisata Doplang, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih, sangat mengapresiasi langkah Desa Doplang tersebut.

    "Sangat bagus, karena dengan menjadi desa wisata, maka membangkitkan perekonomian di daerah tersebut. Selain itu, bisa menggali potensi masyarakat, sehingga kesejahteraan bisa terangkat dan pengangguran bisa teratasi," katanya, kepada Harian7.com.

    Apalagi, jelas Dewi Doplang punya potensi yang luar biasa, dengan banyaknya destinasi wisata dan bunga Sedap Malamnya. Dewi juga berpesan jika sudah menjadi desa wisata, Doplang harus selalu memperhatikan prinsip desa wisata yaitu CHSE (clean, healty, safety, environtment).

    "Harus selalu memperhatikan CSHE, sehingga bisa menguntungkan warga dan pengunjung," pungkas Dewi. (Fe)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini