Iklan

Adv

Simulasi: Mako Polres Salatiga Diserang Massa Perusuh, Ratusan Personil Disiap Siagakan

Jumat, 04 September 2020, 4:40:00 PM WIB Last Updated 2020-09-04T09:41:01Z
Personil Polres Salatiga siaga dengan senjata lengkap.


Laporan: Bang Nur

SALATIGA,harian7.com - Suasana menegangkan tampak di Mako Polres Salatiga. Suara raungan sirine terdengar, dan sontak Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS memerintahkan seluruh personil untuk keluar ruangan untuk segera melaksanakan Sistem Pengamanan Mako (Sistem Pengamanan Markas Komando).

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS melalui Kasubbag Humas AKP Imam Djoko Lelono SH kepada harian7.com, Jumat (4/9/2020) mengatakan, ratusan personil Polres Salatiga langsung berhamburan keluar menuju kesetiap sudut titik kerawanan yang ada di Mako Polres Salatiga, yang bisa menjadi pintu masuk perusuh yang akan menyerbu Mako Polres dari berbagi pernjuru.

"Mapolres Salatiga diserang oleh orang tak dikenal. Demikian skenario Gelar Latihan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) Polres Salatiga,"jelasnya.

Dijelaskan AKP Djoko, latihan Sispam mako ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan anggota dalam mengantisipasi setiap kerawanan yang ada yaitu penyerangan terhadap Mako Polres Salatiga. Dengan adanya latihan ini, personil diharapkan  paham  bagaimana harus bersikap dan bertindak, serta senantiasa siap siaga.

"Anggota harus memahami perannya, harus saya dimana , berbuat apa dan  bertanggung jawab kepada siapa,"tandas AKP Djoko.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Budi Fajar Yuwono SIP MH menambahkan bahwa peserta latihan diharapkan bersungguh-sungguh dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

"Latihan diawali dengan raungan sura sirene atau alarm disertai  pemukulan lonceng yang lakukan oleh  Propam dan SPKT,   sebagai tanda panggilan luar biasa atau alarm stelling kepada jajaran tentang isyarat adanya ancaman keamanan Mako Polres Salatiga yang harus segera dilaksanakan langkah diantisipasi yaitu dengan Sispam Mako,"jelasnya.

Ditambahkan Kompol Budi, begitu tanda bahaya dibunyikan, para anggota langsung bergerak menuju ke lokasi masing-masing  sesuai ploting yang telah ditentukan dan sesuai  dengan perannya.

"Dilokasi yang telah ditentukan juga sudah ditempatkan  petembak jitu atau snipernyabg bersiaga mengambil tempat titik strategis di sekitar  gedung Mapolres Salatiga yang dilapisi dengan personil Sat Sabhara, para personil dari seluruh Bagian dan Satuan langsung bersiaga di seluruh lingkungan Mapolres Salatiga sesuai dengan ploting yang telah ditentukan,"tambahnya.

"Setelah situasi dapat dikendalikan dan ancaman terhadap keamanan Mako dapat dinetralisir, segera dibunyikan alarm sebagai tanda situasi aman dan kondusif dan seluruh Personil melaksanakan Apel Konsolidasi yang langsung dipimpin Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS dilapangan Bhayangkara Polres Salatiga,"pungkas Kompol Budi.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini