Iklan

Iklan

,

Iklan

Polres Cilacap Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Imbangan Tahun 2020

Rabu, 09 September 2020, 06:19 WIB Last Updated 2020-09-08T23:19:31Z
CILACAP, Harian7.com – Kepolisian Resor (Polres) Cilacap, Polda Jateng laksanakan apel gelar pasukan dan apel kendaraan dinas. Apel gelar pasukan yang diberi nama Operasi Mantap Praja ‘Imbangan’ Tahun 2020, Selasa (08/09/2020) diikuti Waka Polres Cilacap, para Kabag Polres Cilacap, para Kasat Polres Cilacap, Kapolsek Jajaran Polres Cilacap, para Perwira, Bintara Dan PNS Polri Polres Cilacap serta tamu undangan.

Kapolres Cilacap, AKPB Dery Agung Wijaya, S.I.K, SH, MH dalam amanatnya mengatakan, dalam sejarah perkembangannya, Indonesia menganut sistem demokrasi langsung, artinya rakyat menjadi penentu pada setiap perhelatan pesta demokrasi. Untuk itu, pada episode yang kesekian kalinya di 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota di Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan jumlah total 270 daerah.

“ Jumlah yang cukup besar jika dibandingkan dengan Pilkada-Pilkada sebelumnya. Khusus di Jawa Tengah ada 21 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” katanya, Selasa (08/09/2020) di lapangan Krida Cilacap Utara.

Di beberapa media, lanjut Kapolres Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara teknis telah mengungkapkan beberapa alasan karena pandemi Covid-19, namun pilkada tetap harus dilaksanakan karena perputaran roda pemerintahan yang harus dilaksanakan, walaupun di era adaptasi kebiasaan baru ini kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membudayakan 3 M dan 1 T yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta tidak berkumpul.

“Meski Kabupaten Cilacap tidak melaksanakan Pilkada tahun 2020, tetapi kita mendukung giat dimaksud, apabila Satuan samping membutuhkan bantuan seperti Polres Purbalingga atau Polres Kebumen, maka kita siap memberikan dukungan dan bantuan. Demikian pula sebaliknya, apabila nanti pada saat Kabupaten Cilacap melaksanakan giat yang sama, maka kita juga perlu bantuan kepada Satuan Samping,” jelas Kapolres.

Dalam amanat tersebut, Kapolres juga melaporkan kekuatan sarana dan prasarana Polres Cilacap yakni meliputi : kendaraan roda dua sebanyak 246 terdiri dari kendaraan patroli 103, kendaraan bhabinkamtibmas 96, kendaraan Opsnal staf 37, kendaraan taktis 5, kendaraan khusus 5. Untuk kendaraan roda empat sebanyak 95 kendaraan terdiri dari kendaraan jabatan 2, Kendaraan opsnal staf 30, kendaraan patroli 46, kendaraan khusus 14, kendaraan taktis 3, dan kendaraan roda enam sebanyak 8 kendaraan terdiri dari kendaraan opsnal staf 4, kendaraan taktis 1, dan kendaraan khusus 3.

“Dalam mendukung operasi Mantap Praja Imbangan tahun 2020, pengamanan penuh akan kita gelar seperti persiapan personil, keamanan Markas Komando (Mako), dan persiapan sarana dan prasarana. Oleh karena itu kita perlu melakukan identifikasi antisipasi terhadap setiap kerawanan yang sewaktu-waktu bisa muncul, karena setiap daerah memiliki potensi kerawanan yang berbeda. Kategori rawan dapat dilihat dari beberapa faktor, indikatornya bisa dilihat dari rawannya kejahatan, intensitas unjuk rasa, dan penyebar konten hoax,” tandasnya.

Kapolres Menegaskan, Polri siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang harus berjalan secara demokratis, Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) serta Jurdil (jujur dan adil). Polri harus menjaga netralitas, dan akan diberikan sanksi tegas kepada aparat kepolisian yang bermain politik. Disamping itu di tengah situasi pandemi seperti saat ini, keselamatan dan keamanan dari Covid-19 juga harus menjadi perhatian utama.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota yang hadir pada apel ini, agar tetap senantiasa menjaga kesehatan dan keamanan baik diri personil maupun keluarga dalam situasi pandemi Covid-19, patuhi protokol kesehatan dalam tatanan kehidupan baru atau adaptasi kebiasaan baru di setiap kegiatan yang bersifat kedinasan maupun diluar dinas,” pesannya.

Diakhir amanatnya, Kapolres menekankan agar seluruh anggota kepolisian Polres Cilacap untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi Operasi Mantab Praja imbangan tahun 2020. Maksimalkan peran intelijen, Bhabinkamtibmas untuk mengamati situasi dan kondisi yang berkembang setiap saat. Tetap bersikap profesional dan proporsional serta selalu memperhatikan norma-norma dan etika, sehingga kita dapat menciptakan iklim yang kondusif. Rencanakan CB (cara bertindak) secara tepat dan terarah serta saling berkoordinasi antar fungsi maupun instansi terkait. Tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membudayakan 3 M dan 1 T (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkumpul).

“Seluruh anggota Polri harus bersikap netral. Tetap jaga kesehatan, keselamatan dan keamanan. Saya yakin, dengan kerja keras dan ikhlas dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri serta selalu berdo’a dengan tulus kepada Allah SWT, maka keamanan dan ketertiban serta kenyamanan akan selalu terwujud di wilayah hukum Polres Cilacap,” pungkasnya. (Rus)

Iklan