Iklan

Adv

Jabat Kakanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Ini Program Prioritas Pria Yang Sebelumnya Menjabat Kepala Biro Administrasi Umum AUAK IAIN Salatiga

Rabu, 16 September 2020, 11:30:00 PM WIB Last Updated 2020-09-16T16:41:52Z
Drs. Khaeroni, M.Si

Penulis: M Rifa

SALATIGA,harian7.com - Drs. Khaeroni, M.Si resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan setelah dilantik dan diambil sumpah secara daring oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Selasa (15/9/2020) kemarin.

Kepala Biro Administrasi Umum AUAK IAIN Salatiga ini menggantikan Anwar Abubakar. Sedangkan  Anwar Abubakar berpindah menjabat Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Utara.

Drs. Khaeroni, M.Si saat ditemui harian7.com, Rabu (16/9/2020) malam mengatakan, sesuai amanat yang diberikan, kedepan dirinya akan terus melanjutkan dan mencanangkan berbagai inovasi.

Selain itu, selaku orang nomor wahid yang baru di tubuh Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Khaeroni juga mengemukakan beberapa program prioritasnya dalam masa kepemimpinannya nanti yakni, akan meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dengan tetap menjaga kerukunan inter dan antar umat beragama, meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, meningkatkan kualitas layanan haji dan umroh, mengoptimalkan potensi pendapatan negara melalui zakat, mendorong pengelolaan APBN secara transparan, akuntabel, dan bersih dari KKN dan Meningkatkan profesionalitas aparatur negara Kemenag.

"Caranya yakni dengan melakukan peningkatan kualitas kehidupan beragama dengan  tetap menjaga kerukunan inter dan antar umat beragama sertaToleran, kerukunan, dan sikap moderat bisa dikembangkan melalui silaturahim intensif dan menerapkan konsep live in antar umat beragama,meningkatkan kualitas literasi moderasi beragama dan menggali potensi kearifan lokal sebagai role model toleransi, kerukunan, dan moderat serta menanamkan nilai kebangsaan dan kebhinekaan bagi para pemeluk agama,"tutur Khaeroni, M.Si.

Selanjutnya Khaeroni, M.Si juga akan meningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan dengan menerapkan konsep Pendidikan agama dan keagamaan serta mendorong setiap kemenag kabupaten/kota memiliki model madrasah dengan keunggulan spesifik, misalnya Bahasa Arab, bahasa Inggris, IPA, kitab kuning dll.

"Selain itu, mendorong penguatan ciri khas keilmuan pesantren (pesantren tahfidz, pesantren  ilmu alat, pesantren hadits dan lainya serta melakukan perbaikan fasilitas pesantren dengan mempertimbangkan kekhususan pesantren dan perkembangan zaman,"beber Khaeroni, M.Si dengan gamblang.

Ditambahkanya, pihaknya akan melakukan percepatan adaptasi teknologi berbasis IT untuk menunjang kinerja madrasah dan peningkatan kewirausahaan dan Softskill santri pada pondok pesantren dengan mempertimbangkan potensi lokal dan shifting lapangan pekerjaan.

Sementara terkait layanan  haji dan umrah Khaeroni, M.Si berkomitmen akan meningkatkan Kualitas pelayanan dengan melakukan pelayanan on stop service pelayanan haji serta inovasi pelayanan haji berbasis online

"Jadi nantinya juga akan membuka akses daftar biro travel haji umroh yang diakui oleh Kemenag. Tak hanya itu, semasa saya menjabat nanti juga akan mengoptimalkan potensi pendapatan negara melalui zakat, meningkatkan kualitas dan kuantitas literasi zakat serta meningkatkan kualitas dan kemudahan layanan pada badan zakat,"tandas Khaeroni M.Si.

Dia juga berjanji akan mendorong pengelolaan APBN secara transparan, akuntabel, dan bersih dari KKN serta akan memperbaiki layanan menuju ZI dan ABK serta melakukan peningkatan layanan berbasis online dan peningkatkan profesionalitas aparatur negara kemenag.

"Nantinya  juga akan melakukan pembinaan dan penegakan disiplin kerja ASN dan nilai-nilai Kemenag. Dan bagi ASN berprestasi akan kita berikan Apresiasi bagi. Dan yang tak kalah penting juga akan ada peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan,"pungkasnya(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini