Iklan

Adv

Forum Genre Kota Tegal Periode 2020-2022 Dikukuhkan, Dyah: Diharapkan Bisa Melahirkan Kegiatan Nyata Dalam Rangka Merespon Permasalahan Remaja

Rabu, 30 September 2020, 5:44:00 PM WIB Last Updated 2020-09-30T10:46:21Z
Saat acara pengukuhan berlangsung.



Laporan: Tutut/Edy | Kontributor Kota Tegal


TEGAL,harian7.com - Pembina Forum Generasi Berencana (Genre) sekaligus Istri Wakil Wali Kota Tegal, Dyah Probondari Jumadi mengukuhkan Pengurus Forum Genre Kota Tegal Masa Bhakti 2020- 2022. Adapun pengukuhan berlangsung di rumah Makan Dapur Tempo Doeloe Kota Tegal, Rabu (30/9/2020). Forum Genre ini merupakan kumpulan dari pengurus Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) Se-Kota Tegal.

Dyah menyampaikan agar kepengurusan Forum Genre yang baru dikukuhkan ini bisa melahirkan kegiatan-kegiatan nyata dalam rangka merespon permasalahan remaja di Kota Tegal, yang jika dikelompokkan ada tiga permasalahan besar remaja, yakni penyalahgunaan Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lain (Napza), Hubungan sex pra nikah dan pernikahan usia remaja.

"Kepada pengurus PIK Remaja, setelah dilantik dan mendapatkan pelatihan cara-cara menjadi konselor yang handal pada hari ini, akan dapat menerapkan kepada PIK Remaja masing-masing di sekolahnya dengan inovasi dan kreatifitasnya masing-masing," pesan Dyah.

Adapun Program Genre dilaksanakan melalui Pengembangan Pusat Informasi dan Konselling (PIK) remaja dengan pendekatan dari dan oleh remaja, sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya kepada teman sebayanya.

“Jadi memang remaja, kalau kepada orang tua atau gurunya mungkin kurang terbuka dan lebih terbuka dengan teman sebayanya, dan peran teman sebaya inilah konseling diperlukan bagi teman sebayanya,“ tutur Dyah.

Dyah juga menyinggung terkait peran pemuda terkait penanggulangan pandemic Corona Virus Disease, dengan berperan sebagai relawan mandiri Covid-19, melalui Forum Genre ini.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Muhamad Afin, dalam sambutannya berpesan agar PIK Remaja yang telah dikukuhkan dan mendapatkan pelatihan, bisa menularkan pengetahuan yang didapat, minimal kepada keluarga dan lingkungannya.


“Adek-adek, selaku remaja pelopor, setelah dilantik harus bisa bergerak, jangan jalan ditempat, Forum Genre ini bergerak bersama pemerintah, bersama-sama melawan tiga ancaman dasar bagi Pemuda,” ujar Kepala DPPKBP2PA.

Sementara itu, Ketua Panitia acara, sekaligus Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk, DPPKBP2PA Kota Tegal, Khusnul Hidayati menyampaikan bahwa awal dibentuknya PIKR di Kota Tegal pada tahun 2019, dan Forum Genre beranggotakan pengurus PIK Remaja se-Kota Tegal dan seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebutuhan organisasi ada beberapa perubahan di dalam kepengurusan Forum Genre, sehingga perubahan tersebut dituangkan dalam  keputusan  Kepala Dinas dikukuhkan untuk masa bhakti 2020-2022.

Forum Genre yang merupakan wadah bagi generasi muda dalam memberikan wawasan pengetahuan dan menumbuhkan sikap dan perilaku yang responsif terhadap permasalahan seputar remaja.

Pelatihan untuk Konselor sebaya untuk pengurus PIK remaja se-Kota Tegal, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pengurus PIK Remaja guna mengembangkan sikap dan perilaku agar dapat melaksanakan konseling bagi teman sebayanya secara tepat, kreatif dan inovatif.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini