Iklan

Adv

D'Bosco Gelar Pameran & Kontes Bonsai Ambil Tema 'Tunggul Simbul Pinunjul'

Minggu, 06 September 2020, 9:56:00 PM WIB Last Updated 2020-09-06T15:11:03Z
PANGANDARAN, Harian7.com - Komunitas bonsai Dulur Bonsai Comunity (D'Bosco) Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat gelar pameran dan kontes bonsai dengan tema 'Tunggul Simbul Pinunjul'.

Pameran dan kontes bonsai yang digelar selama 3 hari dari hari Jumat, (04/09/2020) hingga Minggu, (06/09/2020) di Komplek pasar Gimbal Desa Mangunjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran diikuti sekitar 400 kontestan.

Salah satu panitia kontes, H. Didin Wahyudin saat ditemui Harian7.com mengatakan, pameran dan kontes bonsai ini merupakan kegiatan perdana di tengah pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan ini murni dari kelompok pecinta bonsai tanpa ada sponsor, suport atau dukubgan dari lembaga atau instansi swasta maupun pemerintah," katanya, Minggu (06/09/2020).

Akan tetapi, lanjutnya dalam kegiatan tersebut dipermudah dengan mendapatkan ijin dari Pemerintah Desa dan Kecamatan Mangunjaya serta Kabupaten Pangandaran, dimana kegiatan ini juga senantiasa mengedepankan protokol kesehatan, dan mewajibkan para pengunjung serta peserta pameran selalu mencuci tangan, dan memakai masker di area pameran.

"Kegiatan ini mendapat antusias dan sambutan yang luar biasa dari penggemar bonsai, buktinya ada sekitar 400 peserta yang mendaftar mengikuti kontes," tandasnya.

Didin menambahkan, pendaftar datang daerah di Jawa Barat seperti Bandung, Tasik, Banjar Patroman, Padaherang, dan sekitarnya serta sebagian dari wilayah Jawa Tengah seperti Patimuan, Rawaapu, Kedungreja, dan Sdareja.

"Ada empat kategori dalam pameran kali ini yaitu kelas Bonsai Jadi, kelas Bonsai Prospek, kelas Bonsai Mame, dan kelas Tunggul," ungkapnya.

Maksud dan tujuan dari pameran, menurut Didin selain menjadi ajang silaturahmi sesama penggemar bonsai juga menunjukan hasil proses para pecinta bonsai dalam merawat dan memelihara tanaman kesayangan mereka untuk di nikmati oleh pengunjung.

"Untuk dewan juri yang memberikan penilaian ada 3 orang juri yaitu dari Bandung Yusuf martin, dari Tasik pak Redi dan saya H. Didin Wayudin dari Padaherang," jelasnya.

Selain pameran bonsai, imbuhnya juga diadakan bazar bunga hias dan aglonema pada tanggal 4 dan 5 september. Bazar ini juga mendapat sambutan luar biasa dari pengunjung bahkan sampai ludes habis semua aglonema dan bunga hias yang ada di bazar tersebut

"Kami berharap, agar kedepan di tahun yang akan datang, ada dukungan dari pemerintah atau instansi dan mungkin swasta,  semoga akan bisa dilaksanakan pameran dalam skala nasional di oleh D'Bosco," 

Pameran dan kontes bonsai yang diselenggarakan D'Bosco ditutup pada Minggu (06/09/2020) sekitar pukul 15.00 WIB dengan hasil yang menggembirakan, dimana semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

"Kegembiraan panitia dan peserta menyatu dalam kebersamaan pecinta bonsai Indonesia pada umumnya, dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pendukung kegiatan dan rekan-rekan pecinta bonsai," pungkas Didin. (H. Guplo)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini