Iklan

Adv

BBRSPDI Temanggung Mulai Bulan Ini September, Berikan Layanan “Homecare”

Rabu, 02 September 2020, 5:51:00 PM WIB Last Updated 2020-09-02T10:58:21Z
Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung Langgeng Setiawan.

TEMANGGUNG,harian7.com – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung akan memberikan layanan pendidikan dan pendampingan secara homecare, pada Penyandang Disabilitas Intelektual (PDI). Layanan yang diberikan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 pada kaum disabilitas itu akan berlangsung mulai September hingga akhir 2020.


Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung Langgeng Setiawan mengatakan, pembelajaran homecare untuk tahap pertama akan dilaksanakan di tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, dan Kota Magelang. Layanan ini menyasar 75 orang PDI penerima manfaat (PM).


“Nanti (tahun) 2021 semua penerima manfaat sudah harus kembali belajar di balai. Sementara masih pandemik, kami mencoba pelayanan homecare. Ini merupakan bagian dari program asistensi rehabilitasi sosial berbasis keluarga,” ujar Langgeng, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, sesuai arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, di masa pandemi tidak diperkenankan pelayanan pada disabilitas di dalam balai. Hal ini untuk mencegah supaya tidak ada klaster baru penyebaran Corona dari kalangan disabilitas intelektual, sehingga layanan pendampingan dilakukan melalui homecare.


“Kami bekerja sama dengan Dinas Sosial yang punya wilayah dan data mengenai penyandang disabilitas yang selama ini belum tersentuh layanan dari balai,” katanya.


Sebelumnya, program penguatan kemandirian PDI berbasis keluarga ini sudah dilaksanakan di dua lokasi. Yakni Kabupaten Lombok Barat (NTB) dan di Kota Balikpapan. Namun sebelum itu, pihak Kemensos telah melakukan assesmen pada kaum disabilitas dan keluarganya.


“Paket pelayanan di balai kita bawa ke keluarga. Mereka juga akan menerima pendidikan dan pelatihan ketrampilan sesuai potensi masing-masing di keluarga,” pungkasnya.(Vin/rls/hms jtng)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini