Iklan

Adv

Stok Darah Menipis, AT Gandeng PMI Kota Salatiga Selenggarakan Donor Darah

Jumat, 07 Agustus 2020, 5:18:00 PM WIB Last Updated 2020-08-10T07:48:06Z
UNGARAN, harian7.com - Dampak adanya pandemi Covid-19 bukan hanya di alami oleh sektor sosial , ekonomi dan pariwisata saja.

Namun, dampak tersebut juga di rasakan oleh dunia kesehatan. Kususnya untuk kebutuhan medis transfusi darah.

Hal tersebut juga dialami PMI Kota Salatiga. Menipisnya ketersediaan darah di PMI Kota Salatiga, di akibatkan minimnya pendonor karena kekwatiran masyarakat  terpapar  Covid-19.

Menyikapi perihal tersebut , Group Facebook Ambarawa tercinta (AT) menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan mengambil tema " Indonesia Merdeka Melawan Corona" , bertempat di Gedung PEPABRI Jl. Kartini Abarawa , Jum'at (07/08/2020) mulai Jam 08.00 sampai dengan jam 11.00 Wib.

Dalam kegiatan tersebut AT menggandeng PMI Kota Salatiga dan  Koramil 09 Ambarawa serta di dukung oleh portal media online harian7.com, LSM ICI Jateng , Nomi Kohi , Dealer Honda Abadi Motor Ambarawa, Outlet Kebab , Sambal Jos, Gitar Shop , B Master 2 Digital Printing dan pendukung lainnya.

Ketua paniti penyelenggara Sulis, saat di temui harian7.com di sela - sela kegiatan mengatakan,  bahwa kegiatan donor darah ini di latar belakangi  keprihatinan dan kepedulian AT atas menipisnya stok darah di PMI Kota Salatiga.

" Waktu itu kami di hubungi oleh PMI Kota Salatiga terkait menipisnya stok kantong darah. Kemudian hasil komunikasi tersebut kami tindak lanjuti dengan mengadakan kegiatan ini," ucap Sulis di dampingi Eko Santoso Ketua Pengurus AT dan Yuda Pandu pemilik sekaligus admin akun AT.

Hal senada juga di sampaikan Ketua PMI Salatiga Muh Haris, SS MS.i melalui Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) Malikha , Ia sebagai petugas P2D2S selalu berusaha maksimal menghubungi intansi atau kelompok untuk di ajak kerjasama dalam memenuhi stok darah di PMI Salatiga.

" Stok darah hari ini tinggal 7 kantong. Seharusnya kita per bulan 800 - 1000 kantong. Semenjak Covid- 19 merebak persediaan darah kami terus mengalami penurunan. Maret 600 , April 800, Juni 600 , bahkan juli cuma bisa menyediakan 500 kantong, " terang Malikha kepada harian7.com di sela kesibukannya melayani peserta pendonor.

Lebih lanjut Malikha mengucapkan apresiasi dan trima kasih  kepada panitia semua pihak yang telah membantu pelaksanaan donor darah ini, sehing berjalan dengan sukses.

" Target kami hari ini 50 kantong darah.Karena kerja keras semua pihak kususnya panitia sehingga  melebihi target yaitu 60 lebih kantong darah," ucapnya.

Terpisah salah satu pendonor , Yus Andi Purnama warga asal Kedungjati Grobogan menanggapi positif kegiatan ini.

" Suatu kehormatan bagi saya dan kawan- kawan sudah di ikut sertakan sebagai pendonor.Kegiatan ini is the best.Kami sangat suport dan kami terinspirasi sekali untuk mengadakan kegiatan serupa di daerah saya," ujar Andi  pemilik akun group facebook I Love Kedungjati mewakili pendonor.

Peserta pada kegiatan donor darah ini , anggota Koramil 09 Ambarawa , anggota group Facebook Ambarawa Tercinta , anggota group facebook I Love Kedungjati , pegawai LP Ambarawa dan masyarakat ambarawa.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini