Iklan

Adv

Latihan Raider TA 2020 Resmi Ditutup, Ini Amanat Pangdivif 1/Kostrad

Jumat, 28 Agustus 2020, 12:12:00 PM WIB Last Updated 2020-08-28T05:16:38Z
CILACAP, Harian7.com - Latihan Raider Satuan Jajaran Kostrad TA 2020 yang diikuti 499 prajurit resmi ditutup. Penutupan dipimpin langsung Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad Mayjen TNI Dedy Kusmayadi ditandai dengan penyematan Brevet Jumat, (28/08/2020) di Lapangan Amirul Isnaeni Daun Lumbung, Cilacap, Jawa Tengah.

Upacara Penutupan Latihan Raider Satjar Kostrad dihadiri Mayjen TNI Harizon dari Mabes TNI selaku orang tua peserta, Ir Puspenerbad Brigjen TNI Dwi Wahyu Winarto, S.I.P, M.M, M.Tr.(Han) selaku orang tua peserta, Wadan Pusdiklatpassus Kolonel Inf Sri Widodo, para pejabat di Divisi Infanteri Kostrad, Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto S.T, M.Sc, Psc, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya S.I.K, SH,MH, Kasat Polairud Polres Cilacap AKP Huda Safi'i, Dansubdenpom lV / 1-1 Cilacap Kapten Cpm Ujang Rahmat serta beberapa perwakilan keluarga peserta Latihan Raider.

Dalam sambutannya, Pangdivif 1/Kostrad Mayjen TNI Dedy Kusmayadi mengucapkan selamat, rasa bangga dan rasa hormat kepada semua prajurit yang telah berhasil menyelesaikan latihan Raider yang dilaksanakan selama 70 hari.

"Kualifikasi yang telah disandang dan ikrar yang telah diikrarkan dapat mendorong dan memotivasi untuk setiap pengabian diri di satuan Kostrad," katanya.

Perlu disadari, lanjutnya bahwa selama kurang lebih 70 hari menempuh latihan Raider apa yang kalian dapatkan sudah cukup sebagai bekal kalian menjadi pasukan Raider.

"Latihan Raider didesain berbeda dengan latihan yang lain dari berbagai segi mulai dari perhitungan waktu jam pelajaran ideal di mana 1 hari adalah 24 jam dari pagi siang malam dan sampai dengan pagi lagi merupakan jam pelajaran yang dirangkai ke suatu skenario latihan pelatihan yang telah dilaksanakan dari berbagai tahap mulai dari kapasitas gunung hutan dan tahap Rawa Laut," tandas Pangdivif 1/Kostrad.

Menurutnya, ini merupakan media latihan dengan materi taktik dan teknik pasukan Raider yang tidak mudah untuk dilalui, faktanya ada prajurit yang gagal yang harus dipulangkan ditahap basis sebanyak 4 orang. Prajurit Raider adalah prajurit yang mampu bergerak dan bertindak dengan cepat tepat serta senyap di segala bentuknya dan dalam pertempuran.

"Saya menaruh harapan besar pada kalian semua agar selepas latihan ini, masing-masing mampu memelihara dan mengembangkan kemampuan yang diperoleh selama latihan dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, berbekal pengetahuan dan kemampuan ini para peserta latihan telah memiliki modal dasar yang cukup guna menyelesaikan tugas pada masa yang akan datang.

Diakhir kegiatan, Pandivif 1 beserta seluruh undangan dan orang tua peserta yang hadir menyematkan Baret dan Brivet Raider kepada seluruh peserta Latihan Raider TA. 2020.

Sebelum upacara penutupan, Pangdivif I Kostrad juga memberikan tali asih kepada 10 orang perwakilan masyarakat Cilacap. (Rus)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini