Iklan

Iklan

,

Tag Populer

Label

Kategori

Politics
Lihat Semua

Baca Juga

Technology
Lihat Semua

Fashion
Lihat Semua

Sports
Lihat Semua

Entertainment
Lihat Semua

Sport

Tekno

Berita Utama

Populer Tahun ini

Photos
Lihat Semua

Populer Minggu ini

Populer Bulan ini

Channels TV
Lihat Semua

Kategori Berita

Headline

Notification

Iklan

Last Year

Last Week

Last Month

Iklan

Atasi Abrasi Sungai Serayu, PT S2P PLTU Cilacap Bantu Tanah Urugan

Senin, 31 Agustus 2020, 11:48 WIB Last Updated 2020-08-31T04:54:21Z
CILACAP, Harian7.com - PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Cilacap bantu tanah urugan Dusun Winong Desa Slarang Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah untuk menanggul pinggir sungai Serayu yang terkena abrasi.

General Manager Unit 1 dan 2 pada PLTU Cilacap Sugeng mengatakan, PT S2P bantu penanganganan abrasi sungai Serayu yang berdekatan dengan dusun Winong.

"Sebenarnya abrasi tersebut lantaran adanya perubahan iklim yang mengakibatkan angin kencang dan ombak besar, sehingga terjadi abrasi," katanya, Sabtu (29/08/2020) di kantornya.

Selain itu, menurutnya semua sungai itu wewenang BBWS Serayu-Opak. Jadi terkait abrasi yang menggerus tanah di sepanjang sungai itu wewenang BBWS Serayu-Opak, dan yang terkena abrasi adalah tanah yang sudah dibeli oleh PLTU.

Terkait urugan tanah untuk menanggulangi abrasi, Sugeng menegaskan PLTU menbantu. "Kita nggak mungkin diam-lah kalau tetangga kesusahan," ungkapnya.

Sugeng kembali mengatakan, S2P bersama membantu masyarakat dalam penanggulangan abrasi tahunan yang terjadi di garis Dusun Winong, yakni dengan melakukan pengurugan.

Sementara, Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho saat dihubungi via phone menjelaskan, pemerintah sudah mengajukan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak, dan akan diajukan ke pusat. "Namun hingga sekarang belum. Itu pengajuan untuk tahun depan, sepanjang disetujui pusat," pungkasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap juga turut membantu kandi untuk diisi tanah bantuan dari PLTU guna menanggul pinggiran sungai agar air sungai tidak terus menggerus tanah warga. (Rus)

Iklan