Iklan

,

Iklan

 


APSI Jateng Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Calon Advokat

Redaksi
Senin, 24 Agustus 2020, 17:48 WIB Last Updated 2020-08-24T10:53:12Z
Ketua DPP APSI Dr. Sutrisno,SH.MH saat melantik salah satu calon Advokat Foto (Andi Saputra/harian7.com)

Penulis : M.Taufiq
Editor   : Andi Saputra

SEMARANG, Harian7.com - Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jateng menggelar kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah yang diikuti sejumlah 33 calon advokat bertempat di Kantor Pengadilan Tinggi Jateng, Kota Semarang l, Senin (24/8).

Ketua DPP APSI Dr. Sutrisno,SH.MH  mengatakan bahwa APSI merupakan salah satu dari 8 organisasi advokat. di tahun 2003 sesuai undang undang saat itu membentuk Peradi.

"Sekarang APSI berbeda dengan yang lain karena lebih menegakkan prinsip - prinsip ajaran islam, tetapi APSI juga menampung anggotanya yang non muslim,"ujarnya.

Menurutnya, cuma APSI yang menggunakan prinsup prinsip ajaran islam sehingga harapanya pengacara pengacara APSI sesuai amanah dalam.menjalankan tugas profesi.Disisi lain ada target  PPA atau UPA APSI dalam pengangkatan advokat APSI.

"Kita jyga punya program program lain misalkan terkait mediator ekonomi syariah. Jadi kita punya organisasi syariah yang mempunyai sertifikasi MA," tutur Sutrisno.

Dia menambahkan hanya APSI memiliki akreditasi A yang bisa menyelenggarakan pendidikan mediator ekonomi syariah.

"Kami berharap setelah para calon asvikat sudah disumpah, mereka bisa mengikuti lagi pendidikan dan pelatihan mediator ekonomi syariah jadi ada tambahan profesi tersendiri," harapnya.

Saat foto bersama 
Dia menuturkan, APSI cenderung kesyariatan tapi orientasi kita ada program program kerja termasuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi syariah. APSI juga mempunyai program kegiatan yang namanya Managemen Sertifikasi Halal dan ini suatu  profesional tambahan diluar advokat.

"Kita tidak hanya berfokus pada litigasi,namun kita arahkan bagaimana menguasai profesi lain dan beracara penyelesaiannya tekanan non litigasi sebagaimana diamanahkan Ketua Pengadilan Tinggi Jateng, Anggota kita secara keseluruhan seIndonesia bisa mencapai 1500 an kalau di jateng  diangka 500, karena dominasinya di jateng,"terangnya.

"APSI kita dirikan dijateng tahun 2003, kita punya 25 DPW diseluruh Indonesia, untuk DPC  jumlahnya sekitar 70-80 anggota," pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPW APSI Jateng, Masrokimin,S.Ag.MH berpesan pada para advokat usai disumpah untuk.menjaga akhlaqul karimah yang baik, menjunjung tinggi pancasila dan harus bertaqwa kepada Allah SWT.

"Sumpah tidak sekedar ucapan lisan,tapi Allah yang tahu tentang apa yang tersurat dan apa yang tersembunyi,"paparnya.

Menurutnya, Mereka harus betul betul kredibel penuh dalam menjalankan profesi,siap untuk membantu kepada para pencari keadilan yang membutuhkan tanpa pandang bulu siapapun yang harus dibantu.

Dia menambahkan Kalau mereka juga membutuhkan APSI dan APSI jarus membantu tanpa membedakan bahkan kepada masyarakat tidak mampu sekalipun untuk memberikan pelayanan keadilan khususnya dijateng ini.

"Para calon advokat sudah mengucapkan pakta integritas dan sumpah, Kalau ada yang melanggar kode etik,.melampaui batas dalam menjalankan keadvokatannya maka ia harus bertanggung jawab terhadap.organisasi dan siap menerima sanksi bahkan dikeluarkan dari keanggotaan sesuai koridor yang ada atau dewan kehormatan APSI," tutup Masrokimin.

Iklan