Iklan

Adv

Viral di Media Sosial "Mbludaknya" Masyarakat Padati Jalur Gunung Telomoyo Kab Semarang

Senin, 20 Juli 2020, 6:05:00 AM WIB Last Updated 2020-07-19T23:16:24Z

Penulis: Arie Budi

UNGARAN,harian7.com - Viral di media sosial di group facebook Ungaran, mbludaknya pengunjung di jalur puncak Gunung Telomoyo via Sepakung Kabupaten Semarang, Minggu(19/7/2020).

Saat di konfirmasi awak media, Ahmad Nuri, Kepala Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang membenarkan hal tersebut. Meski begitu ia mengaku tak mengetahui secara persis jumlah warga yang mendatangi kawasan Puncak Gunung Telomoyo tersebut.

"Untuk jumlah secara pastinya belum tahu. Saat ini kami belum ke lokasi, tapi dari informasi sebagian sudah pulang," kata Ahmad Nuri.

Diungkapkanya, jalur ke puncak Telomoyo via Sepakung Kabupaten Semarang sudah dibuka oleh Pemkab Semarang melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Pembukaan jalur itu dimulai 11 Juli 2020 kemarin.

" Jadi oleh Dinas Pariwisata mulai dibuka sebagai tahapan uji coba tahap pertama pembukaan dengan protokol kesehatan, Uji coba pembukaan itu, lanjutnya, dilakukan selama 14 hari," jelasnya.

Setelah itu Dinas Pariwisata akan mengevaluasi apakah pengelola jalur tersebut sudah melakukan protokol kesehatan pencegahan corona terhadap pekerja maupun pengunjung.

Disinggung terkait protokol kesehatan, ia mengungkapkan saat ini pihaknya mengaplikasikan protokol kesehatan di kawasan itu. Para pengunjung yang akan ke puncak Telomoyo via Sepakung Kabupaten Semarang harus menggunakan masker, dan cuci tangan di tempat yang tersedia.

" Mereka juga dicek suhu badannya menggunakan thermogun. Yang melebihi 37 derajat kami tak perbolehkan membeli tiket dan naik ke puncak," ujarnya.

Nuri juga mengaku tak tahu menahu mengapa hari ini ada banyak masyarakat yang ingin naik ke puncak Telomoyo via Sepakung Kabupaten Semarang. Menurutnya, sejak uji coba pembukaan dimulai 11 Juli 2020 hingga Sabtu (18/7) kemarin, jalur tersebut tidak dipenuhi pengunjung.

Juga menurutnya tak ada kegiatan atau event yang pihaknya gelar di Telomoyo hari ini.

" Menurut saya karena murni hari ini hari libur, sehingga masyarakat ingin ke puncak Telomoyo, dikarenakan penuhnya masyarakat yang ingin ke puncak Telomoyo via Sepakung, pihaknya menutup loket masuk pukul 10 pagi tadi."

" Biasanya mulai dibuka pukul 5 pagi. Tadi karena penuh, kami tutup loket pukul 10 pagi sehingga tak bertambah penuh," Jelasnya.

Kapolsek Banyubiru AKP Basuki Rahmad menilai, membludaknya warga di kawasan tersebut karena menikmati hari libur. Pihaknya juga melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

" Setelah puncak Telomoyo ramai, maka yang akan naik dari arah Ngablak dihentikan. Dari arah Pager Gedong juga dihentikan, " katanya

" Setelah dari atas sudah pada turun baru dibuka lagi, demikian," jelasnya. (*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini