Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Tali Putus, Seorang Pendaki Terjatuh ke Kawah Condrodimuko Gunung Lawu

Redaksi
Senin, 20 Juli 2020, 06:33 WIB Last Updated 2020-07-19T23:33:52Z
Tim SAR saat mengevakuasi pendaki yang jatuh.
KARANGANYAR,harian7.com - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seorang pendaki yang terjatuh di jurang kawah Condrodimuko Pos 2 Pendakian Gunung Lawu. Survivor yang diketahui bernama Alam (31) jatuh saat tali yang digunakan untuk turun menuju ke kawah putus.

Berdasarkan keterangan dari Nur Yahya, Kepala Basarnas Semarang, Alam bersama 4 rekannya diketahui melakukan camping di Pos 2 pendakian gunung Lawu Karanganyar pada Sabtu (18/7/2020) via jalur cemoro kandang, dan bermaksud turun ke kawah Condrodimuko pada pagi harinya (Minggu, 19/7/2020).

"Minggu pagi hari jam 07.30 mereka hendak turun ke kawah Condrodimuko, 4 rekannya berhasil turun namun Alam tiba-tiba terjatuh karena tali yang digunakan untuk turun terputus,"katan Nur Yahya.

Tim SAR gabungan yang memperoleh informasi adanya kejadian tersebut dari rekan survivor segera melakukan evakuasi di jurang yang memiliki kedalaman sekitar 10 meter tersebut.

"Pukul 09.00 WIB kami menerima info dan langsung memberangkatkan satu tim dari Pos SAR Surakarta untuk melakukan evakuasi disertai peralatan vertical rescue," lanjut Yahya.

Setelah 5 jam tim SAR gabungan melakukan evakuasi akhirnya pada pukul 15.30 survivor berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

"Korban dievakuasi dalam keadaan sadar, namun mengalami cidera di kepala akibat benturan serta kaki terkilir. Selanjutnya survivor dibawa ke RSUD Karanganyar untuk penanganan lebih lanjut,"pungkas Nur Yahya.(Bas/Arie Budi)

Iklan