Iklan

Adv

Sediakan Hewan Kurban, Binaan Rumah Zakat Patungan Untuk Modal Usaha

Kamis, 23 Juli 2020, 3:22:00 PM WIB Last Updated 2020-07-23T08:22:33Z
Dwi Pujiyanto (32), Fasilitator Rumah Zakat saat mengunjungi kandang ternak kambing dan domba.
Laporan: M.Nur

SALATIGA,harian7.com - Salah satu penerima manfaat bantuan ekonomi Rumah Zakat di Desa Berdaya Dukuh, Trimo Wahyudi menyediakan kambing kurban. Stok kambing dan domba untuk persediaan ibadah kurban diadakan dengan cara patungan modal usaha beberapa orang.

Rabu (22/7) kemarin, Dwi Pujiyanto (32), Fasilitator Rumah Zakat mengunjungi kandang ternak kambing dan domba di Warak RT 04 RW 06, Dukuh, Sidomukti, Kota Salatiga. Dari kunjungan tersebut ia memperoleh informasi bahwa meskipun di masa Pandemi Covid-19, permintaan kurban masih lumayan tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Karena rata-rata masyarakat sudah memiliki tabungan kurban.

"Alhamdulillah, karena dorongan dan kesepakatan bersama. Di tahun ini para binaan Rumah Zakat menyediakan kambing dan domba untuk ibadah kurban dengan cara patungan modal usaha," kata Dwi Pujiyanto, kepada harian7.com, Kamis (23/7/2020).

Sementara itu, menurut Trimo Wahyudi, salah satu penggagas peluang usaha hewan kurban ini mengatakan sejauh ini sudah ada sekitar 30an kambing dan domba di kandang. Kambing kurban dibanderol harga antara Rp2,5 juta hingga Rp3,75 juta. Sejak satu bulan terakhir secara bersama-sama kami mencari rumput sebanyak enam ikat setiap harinya. Untuk kebutuhan ternak.

"Alhamdulillah, ini di kandang sudah ada 32 kambing dan domba. Sebagian besar sudah dipesan oleh orang untuk disembelih pada hari Raya Idul Adha nanti. Harga hewan kurban yang kami sediakan berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 3,75 juta," kata Trimo Wahyudi.

Ia menambahkan bahwa harga hewan kurban tersebut sudah termasuk biaya pemeliharaan dan ongkos kirim. "Kambing akan dikirim H-1 hari Raya Idul Adha atau sesuai permintaan dari para pembeli. Ia berharap peluang usaha ini menjadi solusi ekonomi keluarga akibat dampak dari Pandemi Covid-19 yang masih dirasakan hingga sekarang,"tambahnya.

#desaberdayadukuh
#salatigasmart
#ternakberdaya
#poktancaturmanunggal
#rumahzakat
#desaberdaya
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini