Iklan

Adv

PMKS Jalanan Terima Paket Sembako Dari Kemensos

Rabu, 08 Juli 2020, 4:05:00 PM WIB Last Updated 2020-07-08T09:06:52Z
Bupati Semarang Mundjirin saat menyerahkan paket sembako kepada PMKS jalanan.
Laporan: Arie Budi - Kontributor Ungaran

UNGARAN,harian7.com - Sejak mewabahnya virus corona atau Covid 19 berdampak di beberapa daerah sehingga menyebabkan munculnya penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) jalanan.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Dr Ir Harir Hikmat MSi usai menyerahkan secara simbolis bantuan 974 paket sembako di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Rabu (8/7/2020) siang mengatakan, mereka yang terkena PHK sehingga harus menganggur dan mengais rezeki di jalanan sebagai pemulung, pengamen dan pengemis.

"Disinyalir mereka belum tersentuh bantuan jaring pengaman sosial dari pihak manapun. Karenanya, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) mengalokasikan bantuan untuk mereka. Penyaluran di Jawa Tengah dilakukan bekerja sama dengan enam Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) mandiri,"katanya kepada wartawan.

Dijelaskan Harir, dana bantuan sembako untuk PMKS jalanan di Jawa Tengah itu bersumber dari pengalihan (refocusing) anggaran program kegiatan di Kemensos. Semua direktorat Jenderal diminta oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara untuk mengalihkan anggaran guna menanggulangi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19.

“Paket sembako senilai total Rp292.200.000,oo dibagikan kepada 974 PMKS jalanan di empat kabupaten/kota di Jawa Tengah melalui enam LKS,” terangnya.

Kerja sama dengan LKS mandiri dikatakan Harry untuk menjamin bantuan sembako tepat sasaran. Sebab LKS itu sehari-harinya memang berfungsi mendampingi para PMKS tersebut.

"Sehingga dukungan bantuan Kemensos ini dharapkan dapat memperkuat fungsi LKS itu. Termasuk juga mengedukasi PMKS jalanan agar tidak turun ke jalan guna mengurangi resiko penularan virus Corona,"pungkas Harir.

Sementara itu, Bupati Semarang H Mundjirin dalam sambutanya mengatakan, sinergi antara Kementerian Sosial, Pemkab/Pemkot dan LKS akan membantu mengatasi persoalan PMKS.
"Bantuan sembako bagi PMKS jalanan ini merupakan wujud komitmen pemerintah memastikan seluruh warga terdampak pandemi Covid-19 mendapat perhatian. “LKS dapat membantu menyelesaikan masalah PMKS dengan dukungan pemerintah,”kata Bupati.

"LKS di Jawa Tengah yang dipercaya menyalurkan bantuan sembako kali ini antara lain Yayasan Keramas di Kabupaten Semarang, Forum Komunikasi Peduli Batang serta Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Kota Semarang,"pungkas Bupati.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini