Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Pakta Integritas Penerimaan Taruna Akpol di Polres Salatiga Dilakukan Secara Virtual

Redaksi
Kamis, 02 Juli 2020, 16:57 WIB Last Updated 2020-07-02T09:57:36Z
Kapolres Salatiga saat membacakan Pakta Integritas.
Penulis: M.Nur

SALATIGA,harian7.com - Polres Salatiga Polda mengikuti video conference dengan agenda pengambilan sumpah, pembacaan dan penandatanganan pakta integritas panitia dan peserta calon anggota Polri penerimaan Terpadu Taruna AKPOL dan Tamtama T.A 2020 oleh Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abiyoso Seno, Kamis (2/7/2020). Selain  Polres Salatiga kegiatan tersebut juga di ikuti seluruh Polres se Polda Jawa Tengah.

Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono SH kepada harian7.com mengatakan, di Polres Salatiga Pengambilan Sumpah dan Pakta Integritas Penerimaan Polri untuk Taruna Akpol dan Tamtama Polri,  dipimpin langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS dan diikuti oleh Panitia Peneriman Tingkat Polres yang diketuai oleh Kabag Sumda Kompol Taufik Oktavianto SH MH, Pengawas Eksternal Sri Takarini MPd, Perwakilan Orang Tua Taruna Akpol Tjeppi Iskandar, Perwakilan Orang Tua Tamtama Sri Sugiarti, Perwakilan Peserta Taruna Moh Raihan dan Perwakilan Peserta Ramtama Yossi Adi serta Anggota Panitia Penerimaan Polri Polres Salatiga.

"Acara dilaksanakan secara virtual atau live streaming dengan Polda Jawa Tengah, dimasing-masing wilayah menyesuaikan pelaksanaanya baik dari pembacaan dan penandatanganan pakta integritasnya,"katanya.

Dijelaskan AKP Djoko, inti dari pakta integritas yang dibacakan dan ditandatangani yakni mengikuti sistem seleksi penerimanaan Calon Taruna Akpol / Tamtama Polri T.A  2020  dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Tidak akan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme dengan panitia maupun pengawas atau siapapun yang menyatakan bisa membantu meluluskan dalam proses seleksi. Melaporkan kepada panitia dan pengawas apabila mengetahui atau menemukan adanya penyalahgunaan wewenang atau penyimpangan dalam proses pelaksanaan seleksi. Bersedia dituntut sesuai hukum yang berlaku apabila melakukan pelanggaran dimaksud dan dibatalkan sebagai calon Taruna Akpol / Tamtama Polri.

"Usai pembacaan pakta integritas yang dimulai dari Ketua Panitia Kompol Taufik Oktavianto SH MH secara berturut turut dilanjutkan oleh Pengawas Internal, kemudian perwakilan orang tua dan perwakilan peserta dilanjutkan penandatangan pakta integritas oleh masing-masing perwakilan di hadapan dan diketahui oleh Kapolres Salatiga,"pungkas AKP Djoko.

Sementara itu usai kegiatan Kapolres Salatiga AKB Rahmad Hidayat SS menekankan kepada seluruh panitia agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya pegang teguh prinsip Betah (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

"Kepada orang tua peserta agar memberikan dorongan semangad dan doa kepada putra-putrinya agar dapat mengikuti seleksi sebagai mana mestinya jangan lagi berupaya mencari orang yang bisa meluluskan atau membantu, dan kepada para peserta agar mempersiapkan dirinya semaksimal mungkin selama seleksi berlangsung, percaya pada kemampuan diri sendiri, berikhtiar dan berdoa, sehingga nantinya diharapkan akan terlahir Anggota Polri yang Profesional Modern dan Terpercaya,"pesan Kapolres.(*)

Iklan