Iklan

Iklan

,

Iklan

KPU Gandeng Gugus Tugas Dalam Pemilihan Walikota Semarang 2020

Redaksi
Kamis, 16 Juli 2020, 20:48 WIB Last Updated 2020-07-16T14:01:04Z

KPU Kota Semarang saat penandatanganan kerjasama dalam pemilihan Walikota Semarang 2020, di Hotel Grand Candi, Semarang, Kamis (16/7).

Penulis: Andi Saputra

SEMARANG, harian7.com - Untuk memastikannya dijalankan protokol kesehatan KPU Kota Semarang menggandeng gugus tugas penanganan Covid-19 dalam Pemilihan Wali Kota Semarang pada 9 Desember 2020.

Itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Hotel Grand Candi Semarang, Kamis (16/7).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan upaya KPU Kota Semarang dalam memberi rasa aman kepada masyarakat, serta petugas yang berada di lapangan sudah baik.

"Tahapan Pilwalkot 2020 ini harus dikelola dengan baik, KPU tentunya sudah pengalaman dalam menyelenggarakan Pemilu. Tetapi pemilu kali ini berbeda, karena adanya pandemi Covid-19,"ujarnya.

Menurutnya Pilwalkot 2020 tidak hanya menghasilkan pimpinan pilihan rakyat, tetapi bisa menghindarkan ajang Pilwalkot dari klaster baru. Untuk itu masyarakat dan KPU untuk selalu waspada, menjaga protokol kesehatan dan menyediakan wastafel serta kebersihan pada saat pencoblosan.

"Bilik TPS ada wastafel portabel atau mungkin pakunya yang digunakan untuk mencoblos akan selalu disterilkan atau bisa disiapkan hand sanitizer,"tutur Hendi.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom menuturkan jika kerja sama dengan Gugus Tugas ini merupakan syarat pelaksanaan Pilkada serentak 2020, dimana bisa dilaksanakan asal harus memenuhi protokol kesehatan.

"Sebagai syarat pelaksanaan dari Pilkada serentak 2020, di mana Pilkada bisa dilaksanakan dengan catatan bahwa semua tahapannya harus memenuhi protokol kesehatan dan kita juga kerjasama dengan Kepolisian beserta kejaksaan,"ujarnya.

Dia menambahkan tahapan pendaftaran calon sendiri akan dibuka mulai tanggal 4 September 2020 hingga 6 September 2020. Baru pasangan petahana Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu yang muncul sebagai bakal calon.

"Dimana hingga saat ini pasangan tersebut telah mendapatkan surat rekomendasi resmi dari 5 partai, yaitu PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, PSI, dan PPP,"tutur Henry.

Iklan