Iklan

Adv

Trobosan Baru Terus Dicanangkan, Itu Cara Rutan Salatiga Agar Warga Binaan Mandiri Setelah Bebas

Senin, 15 Juni 2020, 4:56:00 PM WIB Last Updated 2020-06-15T09:56:55Z
Para warga binaan saat mengikuti pelatihan.
Laporan: M.Nur

SALATIGA,harian7.com - Banyak cara yang dilakukan Rutan Salatiga untuk membekali keterampilan warga binaannya. Salah satunya dengan memberikan edukasi dengan pelatihan usaha dan pendampingan kreativitas.

Setelah sebelumnya melakukan beberapa progam, kini Rutan Salatiga kembali membuat terobosan baru untuk memberikan program keterampilan dan pendidikan vokasi bagi warga binaannya.

Sejumlah warga binaan yang telah diseleksi mendapatkan program pembinaan padat karya melalui budidaya ikan lele dan peternakan ayam kampung.


Ka Rutan Salatiga, Daniel Kristanto saat memberikan pelatihan.
Ditemui di sela memantau persiapan pembuatan kolam lele dan ternak ayam, Senin siang (15/7), Ka Rutan Salatiga, Daniel Kristanto mengatakan pihaknya memanfaatkan lahan kosong disamping Rutan yang merupakan BMN Kantor Wilayah. Sehingga dengan pemanfaatan ini diharapkan aset negar ini dapat dipergunakan untuk pembinaan warga binaan.

"Dengan menggunakan media terpal dan bambu sebagai kandang ayam nantinya akan digunakan warga binaan untuk mengikuti pelatihan budidaya ikan lele dan ternak ayam kampung,"ungkap Daniel.

Diungkapkanya,"warga binaan harus diberi keterampilan. Saya pikir saat ini yang bisa kami lakukan adalah budidaya lele dengan media terpal dan ternak ayam kampung. Kebetulan ada lahan yang bisa kami manfaatkan untuk itu,"ucap Daniel.


Daniel menjelaskan, nantinya pihak rutan akan menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Salatiga dan pihak lain yang berkompeten dalam hal budidaya ikan lele dan peternakan.


" Kedepan akan kami jajaki kerjasama dengan dinas terkait dan pihak lain yang berkompeten. Nantinya mulai dari pelatihan, praktik lapangan hingga pemasaran akan ada pendampingan, sehingga diharapkan setelah keluar dari rutan, para warga binaan ini sudah punya keterampilan dalam hal budidaya lele ini,"kata Daniel.

Daniel berharap pelaksanaan pembinaan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Narapidana yang kita berikan pelatiha, sehingga kedepan saat bebas nanti dengan bekal yang sudah ada diharapkan mereka tidak mengulangi lagi pelanggaran hukum serta tentu saja bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat umum.

Sementara itu walaupun tinggal menghitung hari dalam memimpin Rutan Salatiga, semangat Daniel Kristianto dalam membina dan membimbing warga binaan patut diberikan apresiasi dan dicontoh. Seperti halnya yang beliau sampaikan, walaupun tempat yang sempit dan terbatasnya waktu, kita harus benar-benar memanfaatkan hal tersebut. Sehingga bisa menjadikan manfaat untuk warga binaan.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini