Iklan

Adv

Tidak Semua SMP Di Cilacap Siap Gelar PPDB Sistem Daring

Sabtu, 06 Juni 2020, 6/06/2020 06:04:00 PM WIB Last Updated 2020-06-06T11:04:05Z
Cilacap, Harian7.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Cilacap meminta seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk dapat mempersiapkan secara matang pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2020.
Dari 196 SMP yang ada di Kabupaten Cilacap, hanya 60 sekolah yang siap menyelenggarakan PPDB online. Pelaksanaan kebijakan PPDB online ini sesuai dengan Permendikbud nomor 4 Tahun 2019.

Demikian dikatakan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas P dan K Kabupaten Cilacap.

"Ada sekitar 60 sekolah yang siap menyelenggarakan pendaftaran melalui sistem daring atau online. Sedangkan jumlah SMP di Kabupaten Cilacap mencapai 196 sekolah," katanya, Rabu (03/06/2020).

Mengapa tidak semua sekolah bisa menyelenggarakan PPDB sistem daring, menurutnya hal ini disebabkan keberagaman kondisi geografis di Kabupaten Cilacap.

"Selain itu dari sisi demografi, sosial budaya masyarakat maupun ekonominya yang majemuk juga menjadi faktor masih banyaknya sekolah di Cilacap yang belum dapat melaksanakan PPDB Online," ungkapnya.

Dia menegaskan, untuk Sekolah yang belum siap melaksanakan PPDB Online, Dinas P dan K Cilacap sudah memberikan bimbingan serta mewanti-wanti protokol kesehatan COVID-19. Diantaranya memberikan sarana sanitasi dengan sabun dan air mengalir, penerapan jaga jarak, pelarangan berkerumun, dan mewajibkan seluruh petugas maupun orang tua dan murid untuk menggunakan masker.

"Langkah ini diambil guna mengantisipas potensi munculnya klaster baru dari lingkungan pendidikkan," tandas Kastam.

Terkait teknis pelaksanaan PPDB, ungkapnya Dinas P dan K juga sudah membentuk tim untuk membuat juknis, bahkan untuk saat ini sudah didistribusikan ke tiap sekolah.

"Sementara untuk sosialisasinya  sudah dilakukan secara virtual dengan menghadirkan komponen sekolah, komda maupun korwil," pungkasnya. (Rus)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini