Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Cilacap dan Solusi Bangun Indonesia Jalin Kerjasama Siap Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Sampah

Jumat, 19 Juni 2020, 21:00 WIB Last Updated 2020-06-19T14:00:15Z
CILACAP, Harian7.com - Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap bersama PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Senin (19/06/2020) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Peningkatan Pengelolaan Sampah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Cilacap.

Pengelolaan sampah di TPST RDF yang berlokasi di TPA Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, akan menjadi solusi sekaligus menjawab tantangan atas permasalahan sampah kota yang dihadapi selama ini.

Sebagai mitra Pemkab Cilacap dalam mengatasi persoalan sampah, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk memiliki pengalaman dan keahlian mengelola sampah dengan cara yang aman dan ramah lingkungan.

Sampah-sampah domestik tersebut akan diolah dengan metode fisika biologis untuk dijadikan RDF (bahan bakar alternatif) di pabrik SBI yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah.

“Metode pemanfaatan ini merupakan pengembangan inovasi perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia," kata Direktur Manufaktur PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Lilik Unggul Raharjo.

Selain itu, menurutnya kami juga ingin memberikan solusi jangka panjang dalam mengatasi persoalan sampah domestik yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

SBI terus mengembangkan inovasi dalam pengelolaan lingkungan tidak hanya terbatas di Kabupaten Cilacap. Optimalisasi TPST Bantargebang milik Pemprov DKI Jakarta dengan metode landfill mining juga menjadi langkah perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik.

Ke depannya, pembelajaran dari berbagai pengembangan inovasi pengelolaan sampah ini dapat memberikan nilai tambah bagi perbaikan lingkungan di Indonesia.

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB)-bagian dari Semen Indonesia Group-produsen semen terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan total kapasitas produksi 53 juta ton semen per tahun.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat.

Perusahaan mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  Cilacap, Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas  gabungan per tahun 15 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya. (*)

Iklan