Iklan

Iklan

,

Iklan

Jalin Mitra Karib TNI Dan Rakyat Melalui Anjangsana

Rabu, 03 Juni 2020, 14:39 WIB Last Updated 2020-06-03T07:39:07Z
Cilacap, Harian7.com - Pererat hubungan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan, Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap terus bersinergi dengan melaksanakan kegiatan anjangsana dalam setiap kesempatan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu, pada Selasa (02/06/2020) anjangsana ke wilayah teritorial yang menjadi binaannya.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut selain untuk pererat silaturahmi, juga merupakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan fungsi utama aparat kewilayahan guna mencapai keberhasilan tugas pokok TNI AD.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan timbul rasa kepercayaan, kekompakan dan kebersamaan serta saling tukar pendapat tentang situasi dan kemungkinan serta hal yang menonjol  di wilayah desa masing-masing.

"Dalam kegiatan ini kita juga mengajak perangkat desa untuk aktif dan tetap semangat  menyampaikan himbauan kepada warganya untuk selalu hidup bersih dan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19," kata Pelda Kharis, yang saat itu berada di desa Kertajaya, Kecamatan Gandrungmangu.

Lebih lanjut dia menerangkan, kegiatan ini merupakan progam pembinaan terhadap jaring Ter atau mitra karib para Babinsa, Danramil maupun Dandim. Karena ada keterkaitan dengan fungsi tugasnya untuk memberikan laporan informasi secara cepat dan tepat.

"Metode baru selain mengundang mitra karib dan dilakukan sosialisasi ataupun pembinaan yaitu anjangsana atau kunjungan seperti yang kita lakukan saat ini," tandasnya.

Sasaran anjangsana atau kegiatan Komsos diantaranya Pj Kepala Desa Sidaurip, Bambang Suprayitno S.IP, Kepala Desa Kertajaya, Warno dan Kepala Desa Gintungreja, Suyatno.

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan secara berkesinambungan, tidak hanya oleh Babinsa Koramil Gandrungmangu saja, namun oleh seluruh Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap," tegasnya.

Sementara, Kepala Desa Kertajaya, Warno menyambut baik atas apa yang selalu dilakukan oleh Babinsa. Pihaknya berharap ke depan bisa dimaksimalkan, agar informasi yang diberikan selain cepat dan tepat sasaran, juga tidak ada berita-berita yang tidak diketahui kebenarannya.

“Saya sangat mengapresiasi peran Babinsa yang selalu datang saat rakyatnya membutuhkan," katanya.

Berbagai kegiatan di desa, menurut Warno mereka selalu ada, namun demikian sebaliknya, TNI juga butuh bantuan. Informasi yang cepat itu bukan dari TNI tapi rakyatlah yang datang ke TNI untuk memberikan laporan terbaiknya.

"Saya berharapan dengan diadakanyan silaturahmi ini, mudah-mudahan ke depan akan lebih meningkat lagi," pungkasnya. (Rus)

Iklan