Iklan

Adv

Jaga Ketahanan Pangan, Kapolsek Argomulyo Ajak Anggotanya Bertani, Kini Tanam dan Panen Singkong

Sabtu, 13 Juni 2020, 10:50:00 PM WIB Last Updated 2020-06-13T15:54:59Z
Anggota Polsek Argomulyo saat memanen singkong.
Penulis: M.Nur

SALATIGA,harian7.com - Sebagai wujud menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi viruscorona baru atau COVID-19, jajaran Polsek Argomulyo Polres Salatiga, tanam pohon singkong di lahan kosong milik Kusman warga RT 01 RW III Kp Klampeyan Kelurahan Noborejo, Sabtu (13/6/2020) siang.
                   
Kapolsek Argomulyo IPTU Asikin melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono SH kepada harian7.com mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya krisis ekonomi yang berkepanjangan akibat Covid-19, yang berdampak lemahnya sendi sendi perkonomian yang sudah barang tentu akan mempengaruhi sulitnya pangan, maka salah satu antisipasinya kami menanam pohon singkong.

"Kami menanam pohon singkong, karena singkong merupakan makananan alternatif setelah nasi/ beras, jagung. Karena singkong kaya karbohidrat dan mudah dibudidayakan. Bahkan bisa diolah menjadi berbagai makanan,"katanya.

Diungkapkan AKP Djoko, kenapa memilih tanaman singkong, disamping biaya tanamnya singkong relatif murah dan juga  mudah menanamnya, waktu panennya juga cepat. Selain itu makanan singkong juga sudah merakyat di perut masyarakat Indonesia.

"Kalau menengok sejarah ketika pada masa tahun 1965 an krissis pangan terjadi, maka pada saat itu singkong gaplek dibuat tiwul sebagai makanan alternatif yang paling dicari oleh orang tua kita waktu itu. Cukup dengan gaplek dibuat tiwul dimakan dengan apa saja,"tutur AKP Djoko.
Kanit Reskrim Polsek Argomulyo IPTU R Danang, saat menanam pohon singkong.

Dibeberkan AKP Djoko, disamping mudah dan cepat merawatnya, daun singkong juga bisa dimanfaatkan  untuk sayur sebagai pelengkap makanan.

"Melihat kondisi alamnya, tanaman singkong sangat cocok di tanam di wilayah Argomulyo, mengingat sebagian besar areanya merupakan tanah perkebunan  berbukit dan pengairannya mengandalkan air hujan serta struktur tanahnya cocok untuk pala wija,"bebernya.

AKP Djoko menambahkan, kegiatan hari ini selain penanaman singkong juga memanen hasil singkong yang sudah ditanan sekitar 3 bulan lalu.

"Hari ini juga panen singkong. Karena sebagai bentuk antisipasi sejak merebaknya virus Corona, kita langsung menanam pohon singkong,"tambahnya.

Disampaikan AKP Djoko,"Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Kusman yang telah merelakan lahan miliknya untuk ditanami singkong, semoga niat baik tersebut dibalas kebaikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,Allah SW,"pungkas AKP Djoko.

Sementara itu, dari pantauan harian7.com, dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Argomulyo IPTU Asikin dan juga diikuti anggota diantaranya, Wakapolsek Argomulyo IPTU Heri Supraptono, Kanit Reskrim IPTU R Danang, Kanit Provos AIPTU Mulyadi, Kanit Binmas AIPTU Eko Dwiyono, Kasium  AIPDA WISNU AP, Kasi Humas AIPDA Rarang, KA.Spk.AIPTU Margo dan anggota, serta Kusman selaku pemilik lahan.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini