Iklan

Adv

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim Cilacap Gelar Penyuluhan P4G dan Tes Urine

Selasa, 16 Juni 2020, 1:33:00 AM WIB Last Updated 2020-06-15T18:33:17Z
CILACAP, Harian7.com - Upaya Satuan dalam mencegah  penyalahgunaan narkoba di kalangan prajurit maupun PNS, Kodim 0703 Cilacap gelar sosialiasi tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta zat adiktif lainya (Nafza).

Sosialisasi yang diselenggarakan Senin, (15/06/2020) di aula Satya Kartika Kodim Cilacap dipimpin Kepala Staf Kodim, Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian.

Dalam kesempatan itu Kasdim mengatakan sosialisasi tentang P4GN dilakukan sebagai bentuk komitmen Satuan dalam melawan narkoba yang dampaknya sangat merusak bagi prajurit maupun PNS.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para prajurit dan PNS TNI akan memahami apa itu narkoba, apa saja jenisnya, karakteristik serta bahayanya. Dan pada akhirnya mereka akan mampu mencegah dan memberantas peredaran narkoba di lingkungan Kodim 0703 Cilacap," katanya.

Menurut Kasdim, narkoba sangat berbahaya bagi semua orang, tak terkecuali prajurit TNI. Lebih lanjut dikatakan, jika prajurit sudah terkena narkoba maka dampaknya sangat buruk bagi dirinya, keluarga maupun Satuan dimana dia bertugas.

"Untuk itu kita selalu mengingatkan kepada seluruh prajurit agar tidak bermain-main dengan narkoba, mengkonsumsi, apalagi menjadi pengedar. Karena Satuan akan bertindak tegas dan memberikan sangsi hukum yang berat bahkan sampai pemecatan," tegasnya.

Kasdim menandaskan, kita patut bersyukur sudah berdinas di Satuan kewilayahan, untuk itu jauhi narkoba demi masa depan yang lebih baik.

Selain sosialisasi tentang P4GN, juga dilaksanakan tes urine kepada perwakilan prajurit dan PNS-TNI. Sebagai motivasi kepada anggota, Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian juga turut dalam tes urin tersebut.

Sementara, menurut Perwira Seksi Intelejen (Pasintel) Kodim 0703 Cilacap, Kapten Inf Jurizal bahwa kegiatan P4GN dilakukan secara berkala sesuai program yang sudah direncanakan. Hal ini untuk menekan pelanggaran terkait narkoba dan memastikan tidak ada prajurit yang terlibat narkoba.

"Kita dari Kodim 0703 Cilacap sangat tegas terhadap pelanggaran narkoba, apabila ada prajurit kita yang terindikasi narkoba akan segera kita proses dan diberikan sangsi yang berat. Ini adalah upaya kita untuk melawan narkoba, jadi kami tekankan kepada seluruh anggota agar jangan mendekati narkoba, karena narkoba adalah musuh kita bersama," pungkasnya. (Rus)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini