Iklan

Adv

Sembuh Dari Covid-19, Seorang Warga Perum Sehati Disambut Penuh Dukungan

Sabtu, 02 Mei 2020, 8:40:00 PM WIB Last Updated 2020-05-02T13:40:29Z
Penyambutan pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh saat sampai rumahnya.
Penulis: Heru Santoso | Editor: M.Nur

SALATIGA, harian7.com – Daniel Purnomo, seorang warga RW 014 Perum Sehati, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga yang telah sembuh dari perawatan di rumah sakit akibat terpapar Covid-19 dan telah diijinkan pulang ke rumahnya, disambut hangat  warga. Bahkan, warga satu komplek di Perum Sehati itu memberikan semangat dengan membawa aneka tulisan ucapan penyemangat.

Ketua RW 014 Perum Sehati, Suyanto menyatakan, bahwa salah seorang warganya itu telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RS DKT ‘dr Ashmir’ Salatiga. Intinya, sambutan hangat  warga ini untuk memberikan dukungan dan semangat kepada Daniel Purnomo. Meski sudah sembuh dan diijinkan pulang, Danile harus mengikuti aturan yaitu karantina selama 14 hari. Bahkan, pada saat Daniel dirawat di rumah sakit, warga Perum Sehati ini bergotong royong membantu kebutuhan anggota keluarga pasien itu.

“Yang jelas, kami disini sama sekali tidak ada kata mengucilkan, bahkan kami semua memberikan dukungan atas kesembuhan Pak Daniel dari sakitnya. Selain itu, saat Pak Daniel dirawat di rumah sakit, warga juga gotong royong membantu kebutuhan anggota keluarga pasien itu. Ini semua atas kesepakatan warga, karena kita semua menganggap warga di perumahan ini adalah saudara,” jelas Suyanto kepada wartawan, Sabtu (02/04/2020).

Ditambahkan, bahwa Daniel pulang ke rumahnya itu dengan diantar ambulans sekitar pukul 13.00 wib. Bahkan, para pengantar yang merupakan tenaga kesehatan itu masih memakai alat pelindung diri (APD). Sesampainya di rumah Daniel, petugas kesehatan yang mengantar itu tidak lupa memberikan penjelasan terkait dengan kondisi pasien. Saat kedatangan Daniel, selain warga yang menyambutnya, ada pula pengurus RT dan RW Perum Sehati.

Bahkan, sejumlah tulisan yang dibawa warga dengan jelas menyebut sebagai penyemangat, diantaranya “Selamat Datang Bp Daniel” - “Warga RT 5 dan 6 Tetap Menunggumu” - “Kami Siap Membantu”. Tulisan itu merupakan inisiatif warga, yang intinya bahwa semua warga di Perum Sehati ini adalah saudara dan tidak ada pembedaan antar warga. Tulisan itu, dibentangkan, saat Daniel Purnomo yang naik mobil ambulan memasuki komplek perumahan.

“Kami semua warga disini, tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim medis serta warga Perum Sehati yang sedalam-dalamnya. Tidak lupa ucapan yang saya juga kami sampaikan kepada Pemkot Salatiga, Pak Lurah, RW dan RT, serta keluarga besar warga Perum Sehati,” kata Suyanto yang didampingi keluarga Daniel.

Beberapa warga yang lain juga mengaku terharu atas kepulangan dan kesembuhan Daniel dari sakit. Jika disana-sini banyak informasi menjauhi pasien terpapar Covid-19, tidak demikian dengan warga Perum Sehati Salatiga ini. Intinya, semua warga disini sama-sama merasakan susah-senang, sehingga dikala ada warga yang sembuh dari sakitnya harus diyukuri bersama.

“Kami disini menyambut baik kepulangan Pak Daniel dari rumah sakit. Meski harus tetap menjalani karantina selama 14 hari di rumahnya, kami semua tetap memberikan dukungan dan penyemangat. Sekali lagi, selamat datang Pak Daniel dan harpan kami selesai karantina dapat kembali berkumpul dan bergotong royong bersama warga di perumahan ini. Kami semua disini adalah saudara,” ujar beberapa tetangga Pak Daniel yang enggan disebutkan namanya kepada harian7.com, Sabtu (02/05/2020) siang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Dokter Siti Zuraida SKM MKes menyatakan, bahwa hingga Sabtu (02/05/2020) ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Salatiga yang dinyatakan telah sembuh ada tujuh orang. Untuk yang masih dirawat ada empat orang. Jumlah orang tanpa gejala (OTG) ada 142 orang, orang dalam pemantauan (ODP) ada 11 orang, serta pasien dalam pengawasan (PDP) ada satu orang. (*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini